TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Philippine Trogon, Wujudnya Mirip Burung Mitos di Filipina

Juga dikenal sebagai Ibong Adarna oleh penduduk lokal

Philippine trogon (commons.wikimedia.or/EMMAN A. FORONDA)

Salah satu burung menakjubkan yang berasal dari Negeri Lumbung Padi adalah Philippine trogon atau trogon Filipina. Burung dengan nama ilmiah Harpactes ardens ini merupakan spesies endemik Filipina yang tergabung dalam famili Trogonidae. Spesies endemik Filipina ini memiliki penampilan menarik dengan sekeliling matanya berwarna biru.

Selain itu, Philippine trogon juga kerap dikaitkan dengan salah satu burung mitos yang terkenal di Filipina. Terlebih lagi, burung mitos tersebut memiliki kemampuan untuk menyembuhkan seseorang hanya dengan nyanyiannya. Ingin tahu burung mitos apa yang dimaksud? Simak penjelasannya dalam fakta Philippine trogon berikut ini.

1. Burung endemik Filipina

Philippine trogon (commons.wikimedia.or/EMMAN A. FORONDA)

Trogon Filipina merupakan spesies endemik Filipina yang bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah negara ini. Dilansir iNaturalist, persebaran dari spesies ini sendiri dimulai dari pulau Basilan hingga ujung utara Filipina. Habitatnya berada di hutan dataran rendah tropis atau subtropis.

2. Hidup di pohon yang sudah mati

Philippine trogon (commons.wikimedia.or/Ivanathng)

Salah satu keunikan dari Philippine trogon adalah lokasi tempat tinggalnya. Dijelaskan sumber yang sama, burung dengan bagian tubuh didominasi bulu berwarna cokelat ini membuat sarang di lubang pohon yang sudah mati. Tentunya sarang ini berada di ketinggian yang cukup tinggi, yakni sekitar enam meter.

Selain itu, dilansir IUCN, Harpactes ardens bukan merupakan burung yang bermigrasi. Artinya mereka tinggal di hutan yang menjadi rumah mereka seumur hidupnya. Hewan ini biasanya ditemukakn bertengger sendirian atau bersama pasangan di dahan pohon di ketinggian lima hingga sepuluh meter.

3. Jantan dan betina memiliki penampilan yang sangat berbeda

Philippine trogon jantan dan betina (commons.wikimedia.or/John Gould, HC Richter)

Selain menghuni pohon yang sudah mati, Harpactes ardens juga memiliki ciri fisik yang cukup khas. Burung jantan memiliki penampilan yang sangat berbeda dengan burung betina. Tidak jauh berbeda dengan jenis burung lainnya, trogon Filipina jantan juga memiliki penampilan yang lebih menarik dibandingkan trogon betina.

Disebutkan Animalia, bagian kepala dan tenggorokan dari Harpactes ardens berwarna hitam dengan bagian wajah biru, leher dan punggungnya berwarna cokelat, dan bagian pantatnya berwarna cokelat muda. Kemudian, dadanya berwarna abu-abu muda hingga merah muda dan merah. Berbanding terbalik dengan penampilan jantan, trogon Filipina betina justru terlihat lebih biasa dengan sebagian besar tubuhnya ditutupi bulu berwarna cokelat.

4. Hewan omnivora

Philippine trogon (commons.wikimedia.or/EMMAN A. FORONDA)

Sampai saat ini, masih banyak yang belum diketahui tentang trogon Filipina. Salah satunya adalah makanan utama mereka. Namun, dilansir iNaturalist, hewan ini diketahui memangsa serangga yang ada di hutan. Selain itu, mereka juga dikabarkan memakan buah-buahan untuk bertahan hidup. Dengan dua pilihan makanan yang berbeda tersebut, bisa dikatakan bahwa trogon Filipina termasuk jenis hewan omnivora.

Verified Writer

Afrezya Yumia

Everything~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya