TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Fakta Menarik Bunga Neelakurinji, Hanya Mekar 12 Tahun Sekali 

Hanya bisa ditemukan di beberapa daerah di India

bunga neelakurinji (commons.wikimedia.org/Bernad Thampan)

Neelakurinji adalah nama bunga berwarna biru-ungu yang hanya bisa ditemukan di hutan di Kerala, Karnataka, dan Tamil Nadu di India. Selain warnanya yang menarik dan terlihat begitu cantik, keunikan lain dari bunga ini adalah waktu mereka mekar. Neelakurinji hanya mekar sekali dalam dua belas tahun.

Menariknya, karena spesies bunga ini hanya mekar dua belas tahun sekali, waktu mekarnya tersebut digunakan oleh suku sekitar untuk mengukur umur mereka, lho. Ingin tahu lebih banyak tentang bunga neelakurinji? Simak fakta menariknya di bawah ini, yuk.

1. Bunga endemik India Selatan

bunga neelakurinji (commons.wikimedia.org/KiranNiranjan)

Neelakurinji (Strobilanthes kunthiana) adalah bunga endemik India yang hanya bisa ditemukan di hutan di Kerala, Karnataka, dan Tamil Nadu saja, dilansir iNaturalist. Habitat mereka adalah hutan shola, yakni hutan pegunungan tropis di India Selatan. Spesies ini tergabung dalam famili Acanthaceae. Salah satu anggota lain dari famili ini adalah bunga kencana ungu liar.

2. Bersemi 12 tahun sekali

bunga neelakurinji (commons.wikimedia.org/Aruna Radhakrishnan)

Hal yang paling unik dari neelakurinji adalah fakta bahwa spesies ini hanya mekar satu kali dalam dua belas tahun. Dijelaskan sumber yang sama, neelakurinji biasanya mekar pada bulan September dan Oktober. Sayangnya, saat ini bukanlah waktunya neelakurinji untuk mekar. Strobilanthes kunthiana terakhir kali mekar pada tahun 2018. Artinya mereka baru akan mekar lagi pada tahun 2030 mendatang.

3. Digunakan untuk mengukur usia

bunga neelakurinji (commons.wikimedia.org/Vinayaraj)

Selama bertahun-tahun, neelakurinji memiliki pola mekar yang sama, yakni setiap dua belas tahun sekali. Oleh karena itu, pola masa berbunga neelakurinji dimanfaatkan untuk mengukur usia oleh suku Paliyan yang tinggal di Tamil Nadu. Selain itu, neelakurinji juga dipercaya memiliki khasiat kesehatan oleh penduduk sekitar.

Saat neelakurinji berbunga, jumlah nektar yang dihasilkan tentunya tidak sedikit. Bunga-bunga tersebut menarik banyak lebah yang kemudian bisa menghasilkan madu. Madu yang bersumber dari nektar neelakurinji dipercaya memiliki khasiat obat.

4. Dikenal dengan beberapa nama lain

bunga neelakurinji (commons.wikimedia.org/Rakeshkdogra)

Meski diketahui namanya adalah neelakurinji, Strobilanthes kunthiana juga dikenal dengan beberapa nama lain. Di antaranya adalah kurinji dan gurige. Nama neelakurinji sendiri datang dari bahasa Malayalam neela yang berarti biru dan kurinji yang memiliki arti bunga.

Selain itu, keberadaan neelakurinji di Gunung Nilgiri juga menjadi alasan dibalik perolehan nama gunung tersebut. Nama Gunung Nilgiri terdiri dari kata nil yang berarti biru dan giri yang berarti gunung. Sedangkan nama ilmiahnya, Strobilanthes kunthiana, diambil dari nama Sungai Kunthi yang mengaliri banyak lembah dan padang rumput.

Verified Writer

Afrezya Yumia

Everything~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya