7 Planet Paling Layak Huni di Alam Semesta Selain Bumi, Ada Kehidupan?

kehidupan alien mungkin ada di planet ini

Intinya Sih...

• Penelitian dan pengamatan tujuh planet menarik di alam semesta
  • Planet Gliese 581g dan Gliese 667Cc berada dalam "zona laik huni" bintangnya
  • Kepler-186f, Kepler-283c, dan HD 85512b juga menjadi kandidat mendukung kehidupan

Dalam perjalanan tak terbatas di alam semesta, pertanyaan yang tak terelakkan muncul: apakah ada planet di luar Bumi yang layak huni dan mungkin memiliki kehidupan? Melalui penelitian dan pengamatan, kita merambah tujuh planet paling menarik di alam semesta, bertanya-tanya apakah misteri kehidupan selain dari Bumi dapat terungkap di tempat-tempat yang tampaknya ramah dan mengundang di luar tata surya kita.

1. Planet Gliese-581g

7 Planet Paling Layak Huni di Alam Semesta Selain Bumi, Ada Kehidupan?ilustrasi planet Gliese-581g (simplerockets.com)

Pada September 2010, penemuan planet Gliese 581g memicu perdebatan. Sejumlah peneliti meragukan keberadaannya, tetapi para penemunya tetap teguh pada temuan mereka. Gliese 581g terletak hanya 20 tahun cahaya dari Bumi, memiliki ukuran dua hingga tiga kali lebih besar, dan mengorbit bintangnya setiap 30 hari. Orbit ini menempatkannya dalam "zona laik huni" bintangnya, di mana air cair dan kemungkinan kehidupan seperti yang kita kenal mungkin ada.

2. Planet Gliese-667Cc

7 Planet Paling Layak Huni di Alam Semesta Selain Bumi, Ada Kehidupan?ilustrasi planet Gliese-667Cc (nesr.labs.telkomuniversity.ac.id)

Gliese 667Cc, ditemukan pada Februari 2012 oleh tim penemu Gliese 581g, mengorbit katai merah yang berjarak 22 tahun cahaya di konstelasi Scorpius (Kalajengking). Dijuluki "Bumi super", planet asing ini berukuran minimal 4,5 kali Bumi dan menyelesaikan orbitnya setiap 28 hari. Setidaknya satu planet lain mengorbit bintang Gliese 667C, yang merupakan bagian dari sistem bintang tiga.

3. Kepler-22b