Faksi Politik Palestina Sambut Baik Resolusi Dewan Keamanan PBB 

Draf yang ditawarkan AS didukung oleh DK PBB

Jakarta, IDN Times - Kelompok Islam Palestina Hamas, Jihad Islam, dan Otoritas Palestina yang dipimpin Presiden Mahmoud Abbas menyambut baik resolusi Dewan Keamanan PBB pada Senin (10/6/2024). Resolusi ini mendukung proposal gencatan senjata di Gaza.

Hamas menyatakan siap bekerja sama dengan mediator dalam melaksanakan prinsip-prinsip rencana tersebut.

”Hamas menyambut baik Resolusi Dewan Keamanan,” bunyi pernyataan itu, dilansir Reuters.

Resolusi tersebut mecakup gencatan senjata permanen di Gaza, penarikan pasukan Israel, pertukaran tahanan, rekonstruksi, pemulangan pengungsi ke wilayah tempat tinggal.

Langkah itu juga mencakup penolakan terhadap perubahan atau pengurangan penduduk di wilayah Jalur Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan.

1. DK PBB tetapkan resolusi dan diterima kedua pihak

Faksi Politik Palestina Sambut Baik Resolusi Dewan Keamanan PBB Rapat DK PBB pada Jumat 8 Desember 2023 (twitter.com/@antonioguterres)

DK PBB pada Senin mendukung proposal yang diusulkan oleh Presiden Joe Biden untuk gencatan senjata antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza. Resolusi itu mendesak Palestina untuk menerima kesepakatan yang bertujuan mengakhiri konflik selama enam pekan awal, sebagaimana dilaporkan Al Jazeera.

Rusia abstain dalam pemungutan suara PBB. Sementara, 14 anggota Dewan Keamanan lainnya mendukung resolusi rencana gencatan senjata tiga fase yang ditetapkan oleh Biden pada 31 Mei, yang ia gambarkan sebagai inisiatif Israel.

“Hari ini kami memilih perdamaian,” kata Duta Besar AS untuk PBB Linda Thomas-Greenfield kepada dewan setelah pemungutan suara.

AS juga mengatakan Israel telah menerimanya dan menyerukan Hamas untuk menyetujuinya. DK PBB kemudian mendesak kedua belah pihak untuk sepenuhnya melaksanakan persyaratannya tanpa penundaan dan tanpa syarat.

Baca Juga: DK PBB Setujui Resolusi Gencatan Senjata di Jalur Gaza

2. Upaya negosiasi gencatan senjata akan terus berlanjut

Faksi Politik Palestina Sambut Baik Resolusi Dewan Keamanan PBB Ilustrasi pasukan Hamas (mfa.gov.il/Israel Ministry of Foreign Affairs)

Aljazair, satu-satunya anggota dewan yang berasal dari Arab, mendukung resolusi tersebut.

“Kami yakin resolusi tersebut dapat mewakili sebuah langkah maju menuju gencatan senjata yang segera dan langgeng,” kata Duta Besar Aljazair untuk PBB, Amar Bendjama.

Menurutnya, resolusi itu menawarkan secercah harapan bagi Palestina. “Sudah waktunya menghentikan pembunuhan,” ungkapnya.

Resolusi juga merinci usulan dan menyatakan, jika perundingan memakan waktu lebih dari enam minggu untuk tahap pertama, maka upaya gencatan senjata akan tetap berlanjut selama perundingan berlanjut.

3. Israel salahkan Hamas atas lambatnya gencatan senjata

Faksi Politik Palestina Sambut Baik Resolusi Dewan Keamanan PBB Duta Besar Israel, Gilad Erdan, dalam sidang Dewan Keamanan PBB, Senin 30 Oktober 2023. (twitter.com/@giladerdan1)

Duta Besar Israel untuk PBB, Gilad Erdan, hadir pada pemungutan suara tersebut. Namun ia tidak berpidato di hadapan dewan.

Sebaliknya, diplomat senior Israel di PBB, Reut Shapir Ben Naftaly, mengatakan kepada badan tersebut bahwa tujuan Israel di Gaza selalu jelas.

“Israel berkomitmen terhadap tujuan-tujuan ini, untuk membebaskan semua sandera, untuk menghancurkan kemampuan militer dan pemerintahan Hamas dan untuk memastikan bahwa Gaza tidak menimbulkan ancaman bagi Israel di masa depan,” katanya.

“Hamas-lah yang mencegah perang ini berakhir, Hamas sendiri,” tambahnya.

Dewan Keamanan pada Maret menuntut gencatan senjata segera dan pembebasan tanpa syarat semua sandera yang ditahan oleh Hamas.

Selama berbulan-bulan, perunding dari AS, Mesir dan Qatar telah berusaha menengahi gencatan senjata. Hamas mengatakan mereka menginginkan diakhirinya perang di Jalur Gaza secara permanen dan penarikan Israel dari wilayah kantong berpenduduk 2,3 juta orang itu.

Sejauh ini, lebih dari 37 ribu warga Palestina tewas akibat serangan Israel ke Gaza.

Baca Juga: Indonesia Desak Semua Pihak Segera Sepakati Gencatan Senjata Gaza

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya