Drone Hizbullah Jatuh di Israel Utara, Gagal Dicegat Iron Dome

Konflik Israel dan Hizbullah di perbatasan terus berlanjut

Intinya Sih...

  • Drone Hizbullah jatuh di Nahariya, Israel, tanpa korban jiwa.
  • 75 ribu penduduk kota lari mencari perlindungan akibat tembakan roket dari Lebanon.
  • Hizbullah serang Dataran Tinggi Golan Suriah yang dikuasai Israel, balasan Israel tewaskan warga sipil di Lebanon Selatan.

Jakarta, IDN Times – Sebuah drone atau pesawat nirawak milik Hizbullah Lebanon jatuh di kota pesisir Nahariya, Israel, pada Minggu (2/6/2024). Insiden itu menyebabkan kebakaran dan dikonfirmasi tak ada korban jiwa.

”Kebakaran terjadi akibat jatuhnya drone yang mendarat di Nahariya,” kata militer Israel, dilansir Reuters.

Sirene serangan udara membuat sekitar 75 ribu penduduk kota itu lari mencari perlindungan, setelah seharian terjadi tembakan roket terus menerus dari Lebanon ke Israel utara. Militer Israel mengatakan pihaknya telah membalas serangan Hizbullah sepanjang hari.

Baca Juga: Israel Ajukan Kesepakatan 3 Fase untuk Gencatan Senjata di Gaza

1. Israel gagal cegat drone

Drone Hizbullah Jatuh di Israel Utara, Gagal Dicegat Iron DomeSistem anti-rudal Israel atau Iron Dome mencegat roket-roket yang diluncurkan dari Jalur Gaza terlihat dari kota Ashkelon, Israel, Rabu (10/5/2023). ANTARA FOTO/Reuters/Amir Cohen/nym.

Nahariya berjarak sekitar tujuh kilometer dari perbatasan Lebanon. Militer Israel mengatakan mereka gagal mencegat drone tersebut dengan sistem pertahanan mereka, Iron Dome. Belum ada klaim mengenai peluncuran drone tersebut oleh Hizbullah.

Rekaman amatir drone yang jatuh dari langit dan mendarat di area yang dikelilingi pepohonan dipublikasikan oleh situs berita Ynet dan Channel 12 TV. Laut Mediterania terlihat dalam latar belakang video tersebut.

Tayangan TV Reuters menunjukkan pasukan keamanan Israel kemudian memindahkan sebuah benda dari lokasi kebakaran, yang berada di sepanjang pinggir jalan di kota tersebut. Diduga merupakan bangkai drone yang jatuh.

2. Hizbullah juga lancarkan serangan di Golan

Drone Hizbullah Jatuh di Israel Utara, Gagal Dicegat Iron DomeIlustrasi UAV (Pixabay.com/TayebMEZAHDIA)

Pada Minggu, Hizbullah juga melancarkan serangan drone ke arah Dataran Tinggi Golan Suriah yang dikuasai Israel. Dalam sebuah pernyataan, dikutip The Palestine Chronicle, serangan itu menargetkan markas besar militer Israel di Yardun.

Tidak ada informasi terkait korban jiwa di pihak Israel. Militer Israel mengakui serangan itu dan dilaporkan membalas dengan mengebom beberapa kota di Lebanon selatan. Di Lebanon Selatan, dua warga sipil tewas dalam serangan Israel di kota Houla.

Kantor Berita resmi Lebanon juga melaporkan bahwa tentara pendudukan Israel melakukan serangan udara di pinggiran Hanawiya, Ramiya, dan Baraashit. Serangan itu menyebabkan kerusakan signifikan pada properti, infrastruktur, dan rumah-rumah tak berpenghuni.

Baca Juga: Israel dan Hamas Didesak Setujui Proposal Gencatan Senjata

3. Konflik di perbatasan dua negara semakin tereskalasi

Drone Hizbullah Jatuh di Israel Utara, Gagal Dicegat Iron DomeMiliter Israel atau Israel Defence Force. (twitter.com/@IDFSpokesperson)

Sejak dimulainya perang Israel di Gaza, pada tanggal 7 Oktober, Hizbullah telah terlibat secara langsung dalam konflik dengan Israel. Namun, serangan Hizbullah relatif terbatas dalam perang tersebut.

Hizbullah yang didukung Iran mulai menembaki Israel utara tak lama setelah serangan mendadak kelompok Palestina Hamas pada 7 Oktober di selatan negara itu. Namun keduanya menahan diri untuk tidak mendorong konflik yang lebih besar.

Israel telah menduduki sebagian wilayah Lebanon selama beberapa dekade dan baru meninggalkan negara itu pada tahun 2000, menyusul perlawanan keras Lebanon di bawah kepemimpinan Hizbullah.

Mereka berusaha untuk menduduki kembali Lebanon pada tahun 2006, namun gagal. Pencapaian itu dianggap Lebanon sebagai kemenangan besar melawan Israel. Saat ini, konflik kedua pihak di perbatasan masih terus berlangsung. Belum ada tanda-tanda gencatan senjata di kedua pihak.

Baca Juga: Israel Tak Izinkan Hamas Memerintah Gaza

Zidan Patrio Photo Verified Writer Zidan Patrio

patrio.zidan@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya