Panglima Sebut Pesawat TNI Siap Jemput Warga Palestina ke Indonesia

Warga Palestina akan dirawat di RS milik TNI

Intinya Sih...

  • TNI siap jemput warga Palestina korban konflik untuk dirawat di Indonesia dengan 3 pesawat yang disiapkan
  • Pesawat Boeing-737, Hercules C-130 tipe J, dan Tipe H akan mengangkut warga Palestina ke rumah sakit milik TNI
  • Warga Palestina akan dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman serta mendapat pengobatan trauma

Jakarta, IDN Times - Panglima TNI Jenderal, Agus Subiyanto mengatakan Indonesia menyiapkan tiga unit pesawat TNI untuk menjemput warga Palestina yang menjadi korban konflik untuk dirawat di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan Agus dalam pernyataan di Kantor MUI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (14/6/2024), dilansir ANTARA.

Baca Juga: Bantu Perdamaian Palestina, JK: Hamas dan Fatah Harus Berdamai Dahulu

1. Tiga jenis pesawat TNI AU yang disiapkan jemput warga Palestina

Panglima Sebut Pesawat TNI Siap Jemput Warga Palestina ke Indonesiadampak serangan Israel di Gaza (Twitter.com/UNDP Palestine)

Agus menjelaskan, ada tiga pesawat yang disiapkan untuk mengangkut warga Palestina yang menjadi korban konflik dengan Israel tersebut. Pesawat itu yakni Boeing-737 400/500, Hercules C-130 tipe J, dan Tipe H.

Adapun, pesawat Boeing bisa menampung 41 kru, 86 penumpang dan logistik dengan berat 10.000 kilogram. Sementara, pesawat Hercules tipe J mampu menampung penumpang dan kru sebanyak 51 orang dan tipe H, 55 orang.

Baca Juga: Tahanan Palestina Ungkap Penyiksaan yang Dialami di Penjara Israel

2. Pesawat jemput warga Palestina untuk dirawat di RSPAD Gatot Soebroto dan RS Pangsar Soedirman

Panglima Sebut Pesawat TNI Siap Jemput Warga Palestina ke IndonesiaPanglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto di DPR. (Dokumentasi Puspen TNI)

Agus juga menyampaikan, ketiga pesawat itu akan beroperasi menjemput warga Palestina untuk diantar ke Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto dan Rumah Sakit Panglima Besar (Pangsar) Soedirman. Di sana, mereka akan mendapat perawatan. Kedua rumah sakit milik TNI itu bisa merawat pasien dengan daya tampung hingga 1.000 orang. 

Selain mengobati warga Palestina secara medis, mereka juga akane dapat pengobatan trauma.

3. TNI juga siapkan bantuan KRI

Panglima Sebut Pesawat TNI Siap Jemput Warga Palestina ke IndonesiaIlustrasi. Kapal Rumah Sakit TNI, KRI dr Radjiman Wedyonigrat 992 saat bersandar di Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Lebih lanjut, TNI juga kini telah menyiapkan bantuan lainnya untuk dikirimkan ke Gaza. Salah satunya, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) berupa rumah sakit apung, alutsista tambahan, hingga bantuan logistik.

Namun, bantuan itu akan dikirimkan jika gencatan senjata telah disepakati di Gaza. Dengan catatan, TNI mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Baca Juga: 8 Bulan Israel Serang Palestina, 37.202 Orang Tewas di Gaza 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya