Kisah Frater dari Malaysia Rela ke GBK Ikut Misa Agung Paus Fransiskus

Frater Indra merupakan warga negara Indonesia (WNI)

Jakarta, IDN Times - Misa bersama Paus Fransiskus di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) tidak hanya dihadiri masyarakat umum. Berbagai biarawan, biarawati, hingga pastor juga tampak meramaikan misa yang akan digelar pukul 17.00 WIB tersebut.

Salah satunya Frater Indra Alexius Tamba OFM Cap (30) dari Paroki Santo Fransiskus Asisi, Cheras, Kuala Lumpur, Malaysia. Indra sebenarnya merupakan Warga Negara Indonesia.

Calon imam asal Keuskupan Agung Medan itu menyebut, sedang menempuh pendidikan selama dua tahun di Malaysia. Ia sengaja datang ke Stadion GBK untuk menghadiri misa bersama Paus Fransiskus.

Frater Indra mendapat akses misa di GBK tersebut dari salah satu paroki di Medan.

"Sebenarnya kalau dari Kuala Lumpur sendiri tidak ada undangan, karena mereka (dari Malaysia) akan pergi ke (misa bersama Paus Fransiskus) di Singapura. Sebenarnya saya mau apply ke Singapura, tapi tidak boleh karena prioritas mereka adalah Singapura, Malaysia, dan dari Brunei," kata dia kepada IDN Times di Kompleks GBK, Jakarta Pusat, Kamis (5/9/2024).

"Sehingga saya coba bertanya kepada pastor dan frater di Medan. Dan syukur saya mendapatkan kuota dari paroki di Medan. Dan pada akhirnya saya dimasukkan ke dalam utusan dari Paroki Medan," sambungnya.

Frater Indra tiba di Jakarta sejak dua hari lalu. Rencananya usai menghadiri misa, ia akan menyambangi sejumlah biara di berbagai daerah.

Ia berharap, semoga umat Katolik mampu meneladani sikap kesederhanaan yang ditunjukkan Paus Fransiskus selama di Indonesia.

"Semoga kehadiran beliau bukan hanya sebagai euforia saja, tapi berbuah. Jangan sia-sia beliau datang ke sini, di usia beliau yang cukup senja. Dan untuk Indonesia sendiri semoga semakin membuka mata masyarakat akan dialog antara agama, supaya relasi antar umat kita semakin harmonis. Apalagi di Indonesia akhir-akhir ini banyak gejolak antara agama, ras dan sebagainya," imbuh Frater Indra.

Baca Juga: Momen Imam Istiqlal Cium Kening Paus Fransiskus Dibalas Cium Tangan

Baca Juga: 7 Potret Habib Jafar Bertemu Paus Fransiskus saat Kunjungi Istiqlal

Baca Juga: Warna-Warni Umat Katolik Padati GBK untuk Misa Agung Paus Fransiskus

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya