Kenapa Iron Dome Israel Tidak Mampu Menghalau Rudal Hamas?

Iron Dome sempat dibanggakan pada Perang Gaza 2014

Jakarta, IDN Times – Iron Dome, sistem antirudal kebanggan Israel, tidak mampu menghalau ribuan roket yang ditembakkan Hamas dari Jalur Gaza pada Sabtu (7/10/2023). Serangan Hamas kali ini dianggap sebagai kegagalan terbesar sistem keamanan dan intelijen Israel.

Pakar geopolitik yang berbasis di Tel Aviv, Simon Tsipis, mengatakan bahwa Iron Dome bukan perangkat ajaib yang mampu membendung semua ancaman. Menurutnya, Hamas mampu memanfaatkan celah Iron Dome dalam serangan terbaru ini.

Iron Dome, yang dilengkapi dengan setidaknya 20 rudal Tamir, mulai beroperasi pada 2011. Israel mulai mengembangkan sistem pertahanan udara jarak pendek setelah konflik dengan Hizbullah pada 2006.

“Sistem pertahanan udara Iron Dome memiliki jangkauan 70 kilometer, dilengkapi radar yang mendeteksi dan melacak drone, mortir, roket, dan peluru artileri musuh,” kata Tsipis.

Lantas, kenapa Iron Dome tidak efektif menangkal rudal Hamas?

Baca Juga: 3 Alasan Israel Gagal Mencegah Serangan Hamas

1. Jumlah rudal yang ditembakkan Hamas terlalu banyak

Kenapa Iron Dome Israel Tidak Mampu Menghalau Rudal Hamas?ilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Hamas mengklaim bahwa mereka menembakkan 5 ribu rudal pada Sabtu pagi. Kendati angkanya tidak bisa dikonfirmasi, Tsipis mengatakan bahwa jumlah rudal hari itu jauh lebih banyak dari serangan Hamas pada umumnya.

“(Sekitar) 2 ribu rudal ditembakkan hanya dalam satu hari. Dulunya mereka menembakkan 2 ribu rudal per bulan, namun hari ini mereka berhasil menembakkan 2 ribu rudal di pagi hari. Sistem Iron Dome tidak mampu mencegat semuanya,” kata Tsipis, dikutip dari Sputnik News.

Baca Juga: Ketahui Siapa itu Hamas dan Kenapa Perang dengan Israel Pecah di Gaza?

2. Hamas gunakan berbagai jenis rudal

Kenapa Iron Dome Israel Tidak Mampu Menghalau Rudal Hamas?Dua Pejuang Hamas yang sedang berpatroli di Gaza. twitter.com/edrormba

Kemudian, menurut artikel The New York Times, Hamas menggunakan rudal yang bervariasi pada serangan ini. Mereka menyerang dengan senjata berdaya rusak besar, sedang, dan ringan. Semuanya ditembakkan secara bersamaan.

Hamas menyadari bahwa sistem Iron Dome akan mencegat rudal yang diprediksi jatuh di pusat populasi dan berdaya rusak besar. Lantaran semua rudal ditembak bersamaan, akhirnya Iron Dome tidak mampu menghalau roket dengan daya rusak sedang dan ringan.

3. Roket murah dilepaskan untuk menghabiskan amunisi Iron Dome

Kenapa Iron Dome Israel Tidak Mampu Menghalau Rudal Hamas?infografis Israel vs Palestina (IDN Times/Aditya Pratama)

Dilansir The Business Standard, Hamas menggunakan banyak rudal murah untuk ditembakkan di awal. Roket-roket itu dilepaskan agar amunisi Iron Dome habis terlebih dahulu. Akhirnya, pertarungan antara Hamas kontra Israel menjadi siapa yang kehabisan amunisi terlebih dahulu.  

Serangan Hamas juga efektif karena mereka tidak mengandalkan satu titik. Secara pararel, serangan terjadi dari darat, udara, dan laut.

Sejumlah alasan itulah yang menyebabkan Iron Dome, yang mampu mencegat 90 persen lebih rudal saat Perang Gaza 2014, seolah-olah tidak berkutik melawan serangan Hamas baru-baru ini.

Baca Juga: Iran Tegaskan Negaranya Tidak Terlibat dalam Serangan Hamas

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya