Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah Dunia

Digelar selama 3 hari sejak Jumat ini

London, IDN Times - Kelompok Islam Ahmadiyah Inggris Raya akan menggelar pertemuan tahunan atau Jalsah Salanah di kawasan Hadeeqatul Mahdi, Oakland Farm, Alton, Hamphire, sekitar 80 km dari Kota London. 

Pertemuan akbar ini akan menyatukan lebih dari 40 ribu jemaah Ahmadiyah dari lebih 100 negara. Dalam penjelasan resmi terkait Jalsah Salanah UK 2024 yang diinformasikan di website khusus pertemuan ini, disebutkan, pertemuan itu juga akan dihadiri kalangan non-Ahmadiyah, seperti anggota parlemen, diplomat, tokoh agama, dan profesional.

Pertemuan akbar yang akan digelar pada 26-28 Juli 2024 ini akan dihadiri langsung pemimpin tertinggi Ahmadiyah, Khalifatul Masih V Hazrat Mirza Masroor Ahmad.

Di Inggris sendiri Ahmadiyah sudah berkembang sejak 1913, dan saat ini sudah memiliki 146 cabang, sehingga menjadi muslim tertua yang didirikan komunitas ini di Inggris. Karena itu tidak heran jika Jalsah Salanah dipersiapkan secara cermat dengan melibatkan ribuan volunteer. Seperti apa persiapan Jalsah Salanah UK 2024? Simak faktanya.

1. Dimulai pada hari Jumat

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaJemaah Ahmadiyah saat melaksanakan ba’iat internasional sebagai penanda berakhirnya Jalsah Salanah UK 2023. (khalifatulmasih.org)

Jalsah Salanah yang digelar jemaah Ahmadiyah, termasuk di Inggris, selalu digelar pada hari Jumat, tepatnya setelah salat Jumat. Pada hari pertama biasanya akan ada pidato khusus dari pemimpin tertinggi Ahmadiyah, Khalifatul Masih V Hazrat Mirza Masroor Ahmad. 

Tahun ini, pidato Hazrat Mirza Masroor Ahmad dijadwalkan pukul 18.30 waktu setempat atau sekitar pukul 00.30 WIB. Ada juga sambutan dari pemimpin muslim perempuan Ahmadiyah pada hari kedua, serta pidato dari beberapa tamu undangan.

Tidak hanya itu, Jalsah Salanah juga akan diisi dengan berbagai aktivitas ibadah, seperti salat berjamaah, tahajud, dan ceramah tentang kandungan Al-Quran. Pada hari ketiga, dilakukan ba’iat internasional sebagai penanda berakhirnya Jalsah Salanah.

Baca Juga: Lebih 40 Ribu Jamaah Ahmadiyah Hadiri Jalsah Salanah 2024 di Inggris

2. Digelar di peternakan seluas 210 hektare

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaPeta lokasi Jalsah Salanah UK 2024 (jalsasalana.org.uk)

Jalsah Salanah UK 2024 merupakan pertemuan yang paling dinantikan, dan sejak 19 tahun lalu digelar di sebuah peternakan seluas 210 hektare, tepatnya di Oakland Farm, East Worldham, Alton, Hamphire.

Peternakan ini mampu menampung 40 ribu hingga 50 ribu peserta yang datang dari 100 negara di dunia. Fokus pertemuan kali ini adalah menyuarakan perdamaian, pengetahuan agama, dan persaudaraan internasional.

Baca Juga: Pengakuan Warga Nyalindung Usai Masjid Ahmadiyah Disegel

3. Pameran, mulai dari sejarah Ahmadiyah sampai teknologi modern

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaTak hanya soal kajian Islam, sejumlah pameran juga digelar dalam Jalsa Salana, antara lain soal bagaimana memahami keberadaan Tuhan dan kaitannya dengan alam semesta dan berbagai kegiatan lainnya. (jalsasalana.org.uk)

Tak hanya soal kajian Islam, sejumlah pameran juga akan digelar, antara lain soal bagaimana memahami keberadaan Tuhan dan kaitannya dengan alam semesta. Selain itu, sejarah perjalanan Hazrat Khalifatul Masih II pada 1924 di Inggris, dan penyerabaran Islam di benua Eropa. Juga momen-momen penting pencapaian muslim Ahmadiyah.

Muslim Television Ahmadiyah (MTA) juga akan ambil bagian dalam pameran, mulai dari awal kehadirannya sampai memasuki era digital. Lainnya soal kegiatan kemanusiaan yang dilakukan Ahmadiyah teknologi modern yang terkait dengan keamanan digital.

4. Lahan parkirnya mampu menampung 7.500-8.000 kendaraan

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaPemimpin tertinggi Ahmadiyah, Khalifatul Masih V Hazrat Mirza Masroor Ahmad.  (khalifatulmasih.org)

Selain tenda-tenda pertemuan dan pameran, panitia juga menyiapkan lahan parkir yang cukup luas untuk menampung ribuan kendaraan. Diperkirakan pada saat pelaksanaan Jalsah Salanah akan ada sekitar 7.500-8.000 kendaraan yang sebagian besar datang dari jamaah yang berada di negara-negara benua Eropa. 

Untuk itu panitia menyiapkan gerbang tambahan yang memungkinkan peserta masuk ke lahan parkir dari jalan utama yang diperkirakan akan dipadati kendaraan. Dari lahan parkir panitia juga akan menyiapkan kendaraan khusus bagi perempuan, anak-anak, dan lansia.

5. Imbauan menggunakan transportasi umum untuk kurangi dampak lingkungan

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaJemaah Ahmadiyah saat melaksanakan Jalsa Salana UK. (ahmadiyya.uk)

Karena perkiraan tingginya kendaraan yang akan menuju lokasi Jalsah Salanah, panitia lokal pun menyarankan peserta tidak menggunakan kendaraan pribadi, dan mempertimbangkan penggunaan angkutan umum, seperti bus dan kereta api, untuk menuju Hadeewatul Mahdi. 

Penggunaan transportasi umum tidak hanya membantu mengurangi dampak lingkungan, tetapi juga memastikan pengalaman perjalanan yang lancar dan bebas repot. Apalagi saat ini sudah ada jaringan kereta api yang sangat baik antara London dan Alton, serta beroperasi secara teratur dari pagi hingga larut malam. 

Untuk mempermudah peserta, panitia menyiapkan layanan antarjemput setibanya mereka di Stasiun Alton. Peserta cukup memiliki kartu ID AIMs. 

6. Dapur barunya bisa menampung 200 kompor

Fakta-Fakta Jalsah Salanah UK 2024, Pertemuan Akbar Ahmadiyah DuniaDapur raksasa Jalsa Salana UK yang mampu menampung 200 kompor. (jalsasalana.org.uk)

Untuk keperluan makan dan minum peserta Jalsah Salanah, panitia menyediakan makanan yang diracik khusus oleh juru masak khusus. Terkait keperluan ini, panitia membangun dapur raksasa kedua mampu menampung 200 kompor. 

Sejak beberapa hari lalu persiapan terkait kebutuhan makan dan minum peserta ini dikutip dari tayangan persiapan Jalsah Salanah dari situs jalsasalana.org.uk, Muhammad Nasser Khan yang mewakili panitia memastikan sudah aman. Begitu pula dengan kebutuhan gas, air, dan drainase.

Jangan khawatir jika kurang fit, panitia menyediakan petugas kesehatan dan keselamatan di lokasi acara. 

Topik:

  • Umi Kalsum
  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya