Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?

Ada tenda perjodohan untuk para lajang

London, IDN Times - Sebanyak 240 marquee atau tenda berukuran kecil hingga raksasa didirikan di Hadeeqatul Mahdi yang menjadi lokasi Jalsah Salanah UK 2024. Pertemuan akbar yang diikuti kelompok Islam Ahmadiyah dari sekitar 100 negara ini berlangsung selama tiga hari, 26-28 Juli 2024.

Pengamatan IDN Times, selain warga lokal, peserta datang dari Jepang, Kanada, Indonesia Malaysia, Singapura, Iran, Irlandia, Belanda, Irak, Ghana, Taiwan, Argentina, dan sejumlah negara lainnya. 

Sebagian besar bermalam di tenda-tenda yang tersebar di sekitar lokasi Jalsah. Sementara untuk kegiatan selama tiga hari dipusatkan di dua tenda raksasa yang mampu menampung ribuan peserta. Pada hari kedua, selain ceramah dari Khalifah V Hazrat Masroor Ahmad yang khusus bicara tentang peran orangtua terutama perempuan dalam pendidikan.

Kali ini Hazrat Masroor bicara di tenda raksana khusus perempuan. Ia menyontohkan peran yang dilakukan istri khalifah kedua yang taat dalam menjalankan ibadah tanpa menjadikan anak yang diasuhnya sebagai penghalang dalam menjalankan ibadah. Sebagai orangtua sudah selayaknya menjadi contoh atau teladan bagi anak. Dan, hal ini dapat dicapai melalui peningkatan ilmu agama.

"Sehingga tidak saling tuduh, sibuk mencari nafkah. Banyak juga ibu-ibu yang tidak punya kesempatan beribadah karena sibuk nonton sinetron," katanya. Hazrat Masroor mengingatkan agar mencari nafkah diimbangi dengan ibadah, sehingga bisa menjaga anak-anak. "Jadi peran orangtua sangat penting. Orangtua hendaknya memperhatikan hak anak-anak," ujar dia.

Selain tenda pusat kegiatan yang menjadi jantung Jalsah Salanah, ada pula tenda khusus pameran dan tempat-tempat khusus lainnya yang bisa dijelajahi peserta yang jumlahnya ribuan orang. Apa saja? Simak di bawah.

1. Stasiun televisi MTA dan radio Voice of Islam

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Pengusungan bendera kelompok muslim Ahmadiyah menandai dimulainya Jalsah Salanah UK 2024, Jumat 26 Juli 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Untuk menyiarkan kegiatan jalsah, dua media milik Ahmadiyah, Muslim Television Ahmadiyya (MTA) International dan radio Voice of Islam  beroperasi 24 jam penuh secara langsung. Kegiatan ini bisa disaksikan juga oleh jemaah kelompok Islam Ahmadiyah di berbagai negara.

Ada 11 satelit milik MTA yang membantu siaran langsung ke seluruh titik di mana terdapat kelompok Islam ini. Saat pertama kali didirikan tahun 1992, Managing Director MTA International Munir-ud Din Shams mengatakan, hanya bermodal dua kamera dn studio yang dimiliki masih ala kadarnya, ruangan kecil yang disekat dengan kain untuk keperluan produksi.

Program yang dibuat pun tidak banyak, awalnya hanya 6 program. Dalam perkembangannya, MTA Internasional menambah produksi dan jam tayang menjadi 24 jam sehari dan memiliki 8 channel. Dan, semua karyawan merupakan sukarelawan tanpa bayaran dengan minim pengalaman. Namun seiring waktu mereka terus belajar.

"Sebagian besar mereka adalah anak-anak muda. Dan mereka mengerjakan sesuatu dengan hati. Alhamdulillah kami running dengan 8 channel selama 24 jam. Kami juga memproduksi program dengan berbagai bahasa yang berbeda. Saat ini ada 23 bahasa, seperti bahasa India, Afrika, Indonesia. Biasanya dari Indonesia dikirim program-programnya, dan kami menayangkannya," kata Munir.

Ada juga bahasa Bangladesh, Ghana, Mali, di mana studio di pusat mengolah bahan yang dikirim untuk ditayangkan di channel khusus. 

Sejauh ini, menurut Munir, semua berjalan lancar termasuk yang dilakukan saat jalsah Salanah, di mana MTA internasional harus menayangkan secara langsung ke berbagai dunia. "Tidak ada hambatan yang berarti. Kalau pun ada mungkin biaya untuk menyediakan kebutuhan, tapi itu bisa diatasi oleh komunitas kami. Kami tidak mendapat pendanaan dari manapun," katanya.

Selain televisi, distribusi informasi juga dilakukan melalui radio Voice of Islam baru bisa menikmati di 10 kota di Inggris.

2. Tenda khusus perjodohan

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Tenda perjodohan di Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Selain MTA International dan Voice of Islam, yang menarik, ada pula tenda khusus perjodohan yang bernama Rishta Nata. Para lajang bisa memanfaatkan tenda ini. Namun dari penjelasan panitia di lokasi, biasanya orangtua akan terlibat dalam perjodohan. Sebisa mungkin jodohnya juga dari kalangan Ahmadiyah. 

Salah satu jamaah yang pernah mengikuti Rishta Nata adalah Yani yang berasal dari Karawang. Dia mengikuti perjodohan 28 tahun lalu. Saat ini ia tinggal di Swiss dan telah dikarunia dua anak yang sudah dewasa.  

"Lulus kuliah tahun 90-an, saya sengaja kirim surat ke ristha nata di beberapa negara. Ada yang mau dari Pakistan, tapi saya gak mau. Selain itu kebetulan juga ada yang mau dari Swiss, dan kami berjodoh setelah dia serius datang ke Indonesia untuk melamar," kata Yani yang sejak menikah tinggal di Swiss.

2. Tenda diskusi, dari Gaza sampai persekusi

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Diskusi yang digelar di lokasi Jalsah Salanah UK2 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Ada juga tenda khusus untuk media  yang selama dua hari diwarnai diskusi, antara lain soal Gaza dan persekusi yang dialami jamaah Ahmadiyah di berbagai negara, terutama Pakistan. Terkait diskusi mereka mengundang jurnalis yang meliput langsung konflik Gaza.

4. Tenda khusus sensus peserta

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Tenda sensus di lokasi Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Di sisi lain terdapat tenda khusus yang mencatat peserta Jalsah setiap harinya. Dari catatan di hari pertama, ada sebanyak 19.314 perempuam dan anak yang hadir. Angka ini belum mencakup jumlah peserta laki- laki. 

Di hari ketiga data mencatat ada 43.460 orang yang hadir di acara tersebut, terdiri dari anak-anak, perempuan dan pria dewasa.

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Data sensus di Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

5. Klinik untuk memulihkan kesehatan peserta

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Klinik kesehatan yang banyak dikunjungi peserta Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Bagi peserta yang kelelahan, sakit atau kurang fit, terdapat tenda khusus untuk menangani keluhan mereka, yakni homeopthic, yakni pengobatan alternatif.  Ilmu pengobatan ini diciptakan Samuel Hahnemann pada abad ke-18.

Biasanya pengobatan ini menggunakan tumbuh-tumbuhan, hewan dan jenis mineral tertentu yang diklaim bisa menyembuhkan penyakit.

6. Tenda khusus ibu dan anak dan tenda stroller

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Kebutuhan anak sangat diperhatikan di lokasi Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Sedikitnya ada tiga tenda berukuran besar untuk ibu dan anak-anak. Di dekat lokasi tenda juga disediakan lokasi bermain anak. Ada juga tenda khusus stroller untuk memenuhi kebutuhan orangtua yang bisa digunakan secara gratis. Ada ratusan stroller yang disediakan.

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Suasana Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

7. Tenda humanity first

Ada Apa Saja di Jalsah Salanah UK 2024?Humanity First, salah satu lokasi yang menarik minat peserta Jalsah Salanah UK 2024. (IDN Times/Umi Kalsum)

Seperti namanya, misi kemanusiaan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan kelompok ini. Di tenda berwarna biru para sukarelawan menjual berbagai produk yang hasil penjualannya dipakai untuk donasi. Disediakan pula bola kaca besar serupa celengan bagi yang ingin menyumbang.

Baca Juga: Potret Jalsah Salanah UK 2024, Pesan Khalifah hingga Masalah Gaza

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya