Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat Arab

Merupakan penghargaan sipil tertinggi

Intinya Sih...

  • Presiden Jokowi terima penghargaan Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat Arab.
  • Penghargaan ini diberikan atas upaya memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia dan UEA.
  • Menteri Luhut Binsar Pandjaitan juga terima penghargaan Order of the Union sebagai apresiasi atas upayanya memperkuat hubungan strategis antara kedua negara.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo menerima penghargaan Order of Zayed dari Presiden Persatuan Emirat Arab (PEA) atau Uni Emirat Arab (UEA) Muhammad bin Zayed (MBZ). Penghargaan itu diterima Jokowi dalam kunjungan kenegaraan ke UAE.

“Di dalam kunjungan kenegaraan ini, Bapak Presiden juga telah menerima tanda jasa kehormatan Order of Zayed dari Presiden PEA,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan pers melalui saluran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (18/7/2024).

Baca Juga: Jokowi Sebut Progres IKN Baru 15 Persen, Istana: Ini Proyek Besar

1. Penghargaan yang sama pernah diterima Prabowo Subianto

Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat ArabPresiden Joko “Jokowi” Widodo di Persatuan Emirat Arab (PEA) atau Uni Emirat Arab (UEA). (BPMI Setpres)

Order of Zayed adalah penghargaan sipil tertinggi dari Persatuan Emirat Arab yang diberikan kepada para pemimpin dunia dan kepala negara.

Penghargaan ini pernah diterima tokoh dunia, seperti Xi Jinping dari Tiongkok, Narendra Modi dari India, Vladimir Putin dari Rusia, dan Presiden RI terpilih Prabowo Subianto.

Order of Zayed merupakan penghargaan sipil tertinggi dari PEA untuk tokoh-tokoh dunia,” tambah Retno.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Presiden MBZ di Abu Dhabi, Bahas Empat Isu

2. Alasan Jokowi diganjar penghargaan Order of Zayed

Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat ArabPresiden Joko “Jokowi” Widodo di Persatuan Emirat Arab (PEA) atau Uni Emirat Arab (UEA). (BPMI Setpres)

Dikutip dari situs web Setkab, Jokowi menerima penghargaan Order of Zayed sebagai pengakuan atas upayanya memperkuat hubungan dan meningkatkan kerja sama bilateral antara kedua negara selama masa jabatannya.

MBZ menyatakan penghargaan tersebut merupakan bukti penghargaan pribadi atas upaya berharga Jokowi dalam memajukan hubungan PEA-Indonesia, serta menyampaikan harapan agar Jokowi senantiasa sehat dan rakyat Indonesia makin maju dan sejahtera.

Jokowi mengapresiasi MBZ dan menyatakan rasa bangganya atas penerimaan penghargaan Order of Zayed. Penghargaan tersebut mencerminkan hubungan istimewa antara Indonesia dan PEA, serta mengusung nama mendiang Sheikh Zayed, tokoh inspiratif global dengan warisan nilai-nilai kemanusiaan yang abadi.

Baca Juga: Stafsus Jokowi Angkie Yudistia Jadi Bendahara Umum Perindo

3. Luhut juga dapat penghargaan Order of the Union dari MBZ

Jokowi Terima Penghargaan Order of Zayed dari Presiden Uni Emirat ArabPresiden Joko “Jokowi” Widodo di Persatuan Emirat Arab (PEA) atau Uni Emirat Arab (UEA). (BPMI Setpres)

Dalam kesempatan terpisah, MBZ memberikan penghargaan Order of the Union kepada Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan sebagai apresiasi atas upayanya memperkuat hubungan strategis antara PEA dan Indonesia.

Dalam kunjungan ke PEA, Luhut mendampingi Jokowi dalam pertemuan bilateral, khususnya dalam diskusi terkait investasi dan pembangunan infrastruktur, seperti proyek pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan pengembangan industri bahan baku nikel.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya