Emergent BioSolutions akan Donasi 50 Ribu Dosis Vaksin Mpox ke Afrika

ACAM2000 merupakan vaksin virus hidup yang dapat bereplikasi

Intinya Sih...

  • Emergent BioSolutions menyumbangkan 50.000 dosis vaksin cacar untuk menangani wabah mpox di Republik Demokratik Kongo dan negara-negara terdampak lainnya di Afrika.
  • Vaksin ACAM2000 yang disetujui untuk cacar, digunakan sebagai vaksin mpox meskipun belum disetujui oleh FDA AS, memiliki efek samping dan risiko yang lebih banyak dibandingkan dengan vaksin Jynneos.
  • Vaksin ACAM2000 dapat menyebabkan miokarditis/perikarditis pada 1 dari 175 penerima, serta tidak direkomendasikan untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti pengidap HIV.

Jakarta, IDN Times - Emergent BioSolutions mengumumkan pada hari Senin (19/8) bahwa mereka akan menyumbangkan 50.000 dosis vaksin cacar kepada Republik Demokratik Kongo serta negara-negara terdampak lainnya seperti Burundi, Kenya, Rwanda, dan Uganda untuk menangani wabah mpox yang sedang berlangsung, dilansir Deccan Herald.

1. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu menyatakan mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat global untuk kedua kalinya

Emergent BioSolutions akan Donasi 50 Ribu Dosis Vaksin Mpox ke AfrikaDirektur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghebreyesus. (x.com/WHO)

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) minggu lalu menyatakan mpox sebagai darurat kesehatan masyarakat global untuk kedua kalinya dalam dua tahun, setelah varian baru virus yang dikenal sebagai clade Ib menyebar dengan cepat di Afrika. Setidaknya satu orang di Swedia telah dikonfirmasi terinfeksi, menandai pertama kalinya varian baru ini terlihat di luar Afrika.

Vaksin ACAM2000 milik Emergent, yang disetujui untuk cacar, telah digunakan sebagai vaksin mpox, namun Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) belum menyetujui penggunaannya untuk melawan virus mpox.

2. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ACAM2000 merupakan vaksin virus hidup yang dapat bereplikasi

Emergent BioSolutions akan Donasi 50 Ribu Dosis Vaksin Mpox ke Afrikailustrasi vaksin mpox (angelp from Getty Images via Canva Pro)

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC), ACAM2000, vaksin virus hidup yang dapat bereplikasi, memiliki lebih banyak efek samping dan risiko yang diketahui dibandingkan dengan vaksin Jynneos dari Bavarian Nordic A/S, yang disetujui di AS untuk cacar dan mpox.

ACAM2000 diketahui dapat menyebabkan miokarditis/perikarditis—pembengkakan pada atau sekitar otot jantung—pada 1 dari 175 penerima vaksin ACAM2000 baru, menurut FDA.

Alih-alih disuntikkan, vaksin ini diberikan melalui serangkaian tusukan kecil pada kulit menggunakan jarum dua cabang. Lokasi suntikan akan membentuk keropeng, yang membutuhkan waktu 2-4 minggu untuk sembuh. Hingga keropeng tersebut terlepas, vaksin ini dapat menyebarkan virus hidup ke bagian tubuh lain atau ke orang lain.

ACAM2000 tidak direkomendasikan untuk orang dengan sistem kekebalan yang lemah, seperti pengidap HIV, dilansir Reuters.

3. Siapakah Emergent?

Emergent BioSolutions akan Donasi 50 Ribu Dosis Vaksin Mpox ke Afrikailustrasi vaksin mpox (JUN LI from Getty Images via Canva Pro)

Emergent BioSolutions Inc. adalah perusahaan biofarmasi khusus multinasional Amerika yang berkantor pusat di Gaithersburg, Maryland. Perusahaan ini mengembangkan vaksin dan terapi antibodi untuk penyakit menular dan overdosis opioid, serta menyediakan perangkat medis untuk tujuan biopertahanan.

Di antara produk-produk perusahaan tersebut adalah BioThrax (Anthrax Vaccine Adsorbed), satu-satunya vaksin antraks yang dilisensikan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dan Narcan (nalokson) untuk perawatan darurat overdosis opioid. Perusahaan ini juga memproduksi obat-obatan untuk penyakit menular seperti kolera dan tifus.

Selama pandemi COVID-19, Emergent BioSolutions juga memproduksi vaksin Johnson & Johnson/Janssen dan Oxford–AstraZeneca di salah satu pabriknya; namun, hal ini ditandai oleh kontaminasi dan masalah produksi lainnya, dan jutaan dosis vaksin harus dibuang.

Baca Juga: Perbedaan Mpox saat Ini dengan Wabah Tahun 2022

Tamara Rangkuti Photo Verified Writer Tamara Rangkuti

Living proof that overthinking can be a full-time hobby.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya