PM Jepang: G7 Usahakan Perdamaian yang Cepat di Ukraina

Jepang kutuk ancaman penggunaan nuklir oleh Rusia  

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Jepang, Fumio Kishida, berjanji bahwa dukungan untuk Ukraina tidak akan tergoyahkan. Hal itu disampaikan pada Minggu (21/5/2023), dalam pidato Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) kelompok G7 di Hiroshima.

Berbicara di kawasan yang pernah dihantam bom atom, Kishida mengatakan invasi Rusia ke Ukraina telah menghantam fondasi tatanan internasional.

“Di mana pun di dunia ini, upaya untuk mengubah status quo secara sepihak dengan kekerasan tidak akan pernah bisa diterima,” kata Kishida, dalam pidato yang menandai hari terakhir KTT G7, dilansir dari Al Jazeera.

“G7 akan berusaha untuk membawa perdamaian yang adil dan abadi secepat mungkin bagi Ukraina,” sambung dia.

1. Jepang kutuk penggunaan senjata nuklir Rusia

PM Jepang: G7 Usahakan Perdamaian yang Cepat di UkrainaIlustrasi rudal nuklir (pixabay.com/M)

Kishida mengatakan, misi Jepang sebagai tuan rumah KTT adalah menjunjung tinggi tatanan internasional yang bebas dan terbuka berdasarkan aturan hukum. Serta menunjukan tekad G7 demi mempertahankan perdamaian dan kemakmuran.

Tak hanya itu, Kishida kembali menegaskan bahwa dunia harus bebas dari ancaman perang nuklir. Dia pun menganggap semua pihak adalah bagian dari warga Hiroshima.

“Kami para pemimpin G7 berkumpul di sini, di tempat ini melampaui waktu, kami bersama-sama mendengar suara dan doa dari Hiroshima,” ujar Kishida. 

Kishida merujuk pada Rusia yang sebelumnya mengancam menggunakan senjata nuklir. Dalam pidatonya, dia mengutuk adanya perubahan status quo secara paksa melalui penggunaan senjata tersebut.

Baca Juga: Jokowi Bertemu Macron di Jepang, Bahas 4 Kerja Sama

2. G7 sepakat denuklirisasi   

PM Jepang: G7 Usahakan Perdamaian yang Cepat di UkrainaPotret para pemimpin G7 (twitter.com/kishida230)

Di bawah pemerintahan Kishida, Jepang tegas menentang invasi Rusia ke Ukraina. Tokyo berpendapat invasi itu mengancam perdamaian di berbagai wilayah. Pihaknya juga mengkaitkan Taiwan yang kini mulai terancam dianeksasi China.

Dalam pidatonya, Kishida mengatakan bahwa para pemimpin G7 sepakat mengenai denuklirisasi untuk pertama kalinya. Namun, belum jelas tindakan nyata seperti apa yang diambil mereka.

Kehadiran Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Hiroshima pada KTT G7 juga menuai sorotan. Itu merupakan agenda penting Ukraina untuk menggalang dukungan dalam perangnya yang berkecamuk selama 15 bulan.

3. Zelenskyy sebut kondisi kota Bakhmut seperti Hiroshima  

Melansir Reuters, Zelenskyy mengatakan kondisi terkini kota Bakhmut, Ukraina, seperti Hiroshima yang dihantam bom atom oleh AS.

"Saya akan memberi tahu Anda secara terbuka, foto-foto Hiroshima yang hancur benar-benar mengingatkan saya pada Bakhmut dan pemukiman serupa lainnya. Tidak ada yang tersisa hidup, semua bangunan hancur," kata Zelensky, pada konferensi pers usai meletakkan bunga di tugu peringatan kepada para korban bom atom pertama di dunia.

"Reruntuhan kota-kota kami yang telah terbakar habis oleh bom dan artileri Rusia mirip dengan yang baru saja saya lihat di sini. Merupakan suatu kehormatan bagi saya untuk berada di museum perdamaian ini," sambung dia.

Baca Juga: Dua Eksil Rusia Diracun sebelum Hadiri Konferensi Pembangkang Kremlin

Syahreza Zanskie Photo Verified Writer Syahreza Zanskie

Feel free to contact me! syahrezajangkie@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya