Wishnutama Diajukan Jadi Dubes RI di AS

Berkedudukan di Washington DC

Intinya Sih...

  • Wishnutama diajukan menjadi Duta Besar RI untuk AS di Washington DC oleh Presiden Jokowi.
  • Ada dua daftar nama calon duta besar yang beredar, total ada 46 nama yang diajukan ke DPR.
  • Wishnutama merupakan mantan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, serta diketahui sebagai salah satu CEO paling berpengaruh di dunia.

Jakarta, IDN Times - Wishnutama diajukan menjadi Duta Besar RI untuk Amerika Serikat (AS) berkedudukan di Washington DC dalam daftar nama duta besar yang diajukan ke DPR RI dan tertera tanda tangan Presiden RI Joko Widodo.

Ada dua daftar berbeda yang beredar. Satu daftar memuat 24 nama calon duta besar dan daftar satunya lagi memuat nama 22 calon duta besar. Total ada 46 nama yang diajukan Jokowi ke DPR.

Baca Juga: Ada Wishnutama di Ratas soal TikTok, Menkop: Diundang sebagai Expert

1. Sempat mengaku tidak tahu tahun lalu

Wishnutama Diajukan Jadi Dubes RI di ASGista Putri dan Wishnutama. (instagram.com/wishnutama)

Nama Wishnutama sebenarnya sudah beredar sejak tahun lalu bahwa dirinya bakal menjadi duta besar di Washington DC. Pada Juli 2023, Wishnutama mengaku belum mengetahui informasi tersebut.

“Saya belum tahu,” kata Wishnutama, kepada IDN Times.

2. Sempat jadi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Wishnutama Diajukan Jadi Dubes RI di ASMenparekraf Wishnutama (IDN Times/Shemi)

Wishnutama sempat menjabat posisi Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI pada 2020 lalu. Ia menjabat selama satu tahun.

Suami artis sekaligus presenter Gista Putri diketahui berasal dari kalangan profesional yang sejak dulu berkarier di industri media dan penyiaran. 

Baca Juga: Wishnutama Kembali Duduk di Kursi Komisaris Tokopedia

3. Sosok di balik megahnya Gala Dinner G20 dan ASEAN 2023

Wishnutama Diajukan Jadi Dubes RI di ASMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Wishnutama Kusubandio (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Website ekonomi dan bisnis, Rise Global dan Richtopia, kompak memasukkan Founder NET Mediatama ini sebagai The 500 Most Influential CEOs in the World yang bersanding dengan berbagai CEO dari ragam industri yang berbeda seperti Mark Zuckerberg dan Jack Ma. Kini namanya tentu tak hanya dikenal di dalam negeri, namun juga mancanegara.

Wishnutama juga didapuk sebagai koordinator Tim Asistensi dan Kemitraan KTT G20, KTT ASEAN 2023, serta Asian Games 2018.

Baca Juga: Sandiaga Kutip Lagu Hotel California untuk Wishnutama 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya