Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan 

Pasukan AS resmi mundur dari Afghanistan pada 2021

Intinya Sih...

  • Donald Trump mengkritik keputusan Presiden Joe Biden menarik pasukan AS dari Afghanistan pada 2021
  • Sebanyak 2.500 personel militer AS ditarik keluar dari Afghanistan, bersama dengan pasukan koalisi NATO
  • Pihak Taliban menyatakan kemenangan setelah mundurnya pasukan AS dan koalisi, disusul kritik DPR AS terhadap keputusan Biden

Jakarta, IDN Times - Calon presiden Amerika Serikat (AS) dari Partai Republik, Donald Trump mengkritik keputusan Presiden AS Joe Biden yang menarik pasukan AS dari Afghanistan

Pada 2021, pemerintahan Biden memutuskan menarik keluar semua pasukan AS dari Afghanistan.

“Saya keluar dari Afghanistan, namun keluar dengan bermartabat, dengan kekuatan dan kekuasaan,” kata Trump, menyindir Biden, dalam debat perdana capres pemilu AS 2024, di studio CNN, Jumat (28/6/2024).

Sebelumnya, Biden sempat menuding Trump yang saat itu menjabat sebagai Presiden AS membunuh ratusan ribu orang di Afghanistan dan tidak melakukan apa-apa tentang hal tersebut.

Pada 2020, Trump sempat menegaskan kembali bernegosiasi terkait penarikan pasukan AS dari Afghanistan. Trump bahkan menimbang bakal bernegosiasi dengan Taliban.

Baca Juga: Trump: Konflik Ukraina Tak Akan Terjadi jika Saya Presiden AS

1. AS dianggap kalah dari Taliban

Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan ilustrasi bendera Afghanistan (unsplash.com/Unsplash+)

Sebanyak 2.500 personel militer AS ditarik keluar dari Afghanistan pada September 2021. Penarikan pasukan itu bertepatan dengan 20 tahun Amerika Serikat melakukan invasinya di Afghanistan sejak 2001. Itu berarti semua pasukan koalisi NATO, termasuk pasukan Inggris dan Jerman juga akan bergegas meninggalkan Afghanistan.

Pihak Taliban yang mendengar keputusan Biden kala itu menyatakan telah memenangkan pertempuran. Dengan mundurnya semua pasukan AS dan koalisi dari Afghanistan, menurut mereka, itu berarti AS telah kalah.

Baca Juga: Debat Pilpres AS Dimulai, Biden-Trump Tak Jabat Tangan

2. DPR AS nilai keputusan yang buruk untuk tarik pasukan dari Afghanistan

Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Suasana di salah satu wilayah yang ada di Afghanistan. (Twitter.com/NorwayUN)

Sama seperti Trump, DPR AS juga sempat mengkritik keputusan pemerintahan Biden. Penarikan pasukan AS dari Afghanistan disebut sebagai pengambilan keputusan yang buruk selama Biden menjabat.

“Akibat kelalaian pemerintahan Biden, dunia menyaksikan pemandangan yang memilukan di dalam dan sekitar bandara Kabul selama dua minggu ke depan (pasca penarikan mundur pasukan),” ucap Michael McCaul, anggota Partai Republik di DPR AS.

Baca Juga: Fakta-fakta Jelang Debat Perdana Joe Biden-Donald Trump 

3. Demokrat tuding kesalahan ada di Trump

Trump Kritik Keputusan Biden Tarik Pasukan AS dari Afghanistan Presiden Donald J. Trump, ditemani cucunya, Arabella, Theodore dan Joseph Kushner, turun dari Marine One di Halaman Selatan Gedung Putih pada Minggu, 29/11/2020. (commons.wikimedia.org/Tia Dufour)

Tak terima disalahkan, Partai Demokrat balik menuding kelalaian isu pasukan AS di Afghanistan berawal dari pemerintahan Trump sebelumnya.

Gregory Meeks dari Partai Demokrat saat itu menegaskan keputusan terlibat dalam perundingan langsung dengan Taliban dilakukan tanpa adanya keterlibatan pemerintah Afghanistan, yang dilakukan di masa pemerintahan Trump.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya