Topan Shanshan Masih di Jepang, Terjang Kagoshima 

Warga diminta waspada

Intinya Sih...

  • Topan Shanshan mendarat di Prefektur Kagoshima, Jepang barat daya
  • Shanshan merupakan topan ke-10 tahun ini dengan dampak tingkat curah hujan yang memecahkan rekor

Jakarta, IDN Times - Topan Shanshan yang dahsyat telah mendarat di Prefektur Kagoshima, Jepang barat daya, demikian disampaikan Badan Meteorologi Jepang, Kamis (29/8/2024).

 Dikutip dari ANTARA, Jumat (30/9/2024), Shanshan merupakan topan ke-10 tahun ini yang masuk dalam kategori sangat kuat. Dia bergerak ke arah utara dekat Kota Satsumasendai dengan kecepatan sekitar 15 kilometer per jam.

Pada pukul 08.00 waktu setempat, topan tersebut bergerak sedikit ke arah utara di koordinat 31,55 derajat lintang utara dan 130,05 derajat bujur timur, mempertahankan kecepatan di angka 15 kilometer per jam.

Baca Juga: Topan Shanshan Hantam Jepang Barat Daya, 40 Terluka

1. Peringatan khusus dikeluarkan di Kyushu

Topan itu diperkirakan tekanan sentral di angka 935 hPa dengan kecepatan angin. Daerah-daerah yang terdampak sebagian besar tidak berubah.

Dengan dampak tingkat curah hujan yang memecahkan rekor sudah terasa di Kyushu, Jepang selatan, JMA mengeluarkan peringatan khusus untuk angin yang sangat kencang, ombak tinggi, dan gelombang badai di seluruh Prefektur Kagoshima.

Warga diimbau untuk terus mengikuti perkembangan informasi terbaru tentang topan dan melakukan semua tindakan pencegahan yang diperlukan guna memastikan keselamatan mereka.

Baca Juga: Topan Shanshan Ancam Jepang, WNI Diminta Waspada 

2. Operasi kereta api dan penerbangan dibatalkan

JR Kyushu telah menghentikan sebagian operasi kereta peluru shinkansen-nya sejak Rabu malam. Pihaknya menuturkan, penghentian itu akan mencakup semua layanan kereta berkecepatan tinggi dan layanan kereta lainnya di pulau itu pada Kamis sore.

Beberapa kereta peluru juga akan dibatalkan pada Kamis malam di bagian dari Hakata di Kyushu utara menuju Hiroshima di Jepang barat, menurut JR West.

Sementara itu, Japan Airlines (JAL) dan All Nippon Airways (ANA) telah membatalkan banyak penerbangan ke dan dari bandara di wilayah tersebut.

Baca Juga: Usai Dilanda Topan, Transportasi Umum Kembali Pulih di Jepang

3. Dampak Topan Shanshan

Warga di daerah yang terkena dampak dari badai tersebut didesak tetap waspada terhadap bencana alam dan bersiap menghadapi angin kencang, serta pasang surut dan gelombang tinggi. Mereka juga diimbau bersiap mengungsi sebelum kondisi memburuk.

Operator utilitas Kyushu Electric Power Co melaporkan, sekitar 254 ribu rumah di 7 prefektur wilayah Kyushu tidak memiliki listrik hingga pukul 10:00 pagi pada Kamis. Pihaknya juga mengatakan bahwa jumlah tersebut dapat bertambah.

Sementara itu, Toyota Motor Corp telah menghentkan sementara operasi di 14 pabriknya di Jepang, hingga Jumat.

Baca Juga: Topan Gaemi Hantam China, 30 Orang Tewas

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya