Semarak Upacara HUT RI ke-79 di London Inggris

Upacara digelar di Wisma Nusantara

Jakarta, IDN Times - Perayaan HUT RI ke-79 juga terasa di London, Inggris. Upacara peringatan HUT RI ini digelar di Wisma Nusantara, London.

Upacara pengibaran bendera dipimpin langsung Duta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya. Bertindak sebagai komandan upacara adalah Mayor Pnb Yusuf Atmaraga, yang tengah mengikuti tugas belajar di Inggris.

1. Ada 16 WNI bertugas jadi Paskibra

Semarak Upacara HUT RI ke-79 di London InggrisPerayaan HUT RI ke-79 di Inggris. (dok. KBRI London)

Sebanyak 16 orang anggota Paskibra KBRI London bertugas pada upacara yang dimulai pukul 10.00 waktu setempat. Menjalani pelatihan sejak bulan Juli, dr. Lily Estelita Liana, salah satu anggota pasukan mengungkapkan rasa perasaannya setelah selesai bertugas sebagai Pembentang Bendera.

"Bangga, senang, bahagia sekali bisa berkesempatan berpengalaman jadi paskibraka di London,” kata Lily yang juga Puteri Indonesia Pariwisata 2014 dan saat ini sedang menempuh studi di University College London.

Baca Juga: Upacara HUT ke-79 RI di Brunei, Warga Antusias Pakai Baju Adat 

2. Pesta Rakyat digelar 24 Agustus 2024

Semarak Upacara HUT RI ke-79 di London InggrisDuta Besar RI untuk Inggris, Desra Percaya. (dok. KBRI London)

Tahun 2024 juga bertepatan dengan 75 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Inggris, dan 40 tahun Indonesia - Irlandia. Desra sampaikan bahwa HUT RI ini juga merupakan momentum bagi peningkatan hubungan bilateral dengan kedua negara tersebut.

"Dengan semangat Indonesia Maju, kita harapkan kemitraan pada sektor strategis dengan kedua negara dapat terus diperkuat,” ujar Desra.

Untuk memeriahkan perayaan HUT ke-79 Kemerdekaan RI, KBRI London menyelenggarakan rangkaian kegiatan sepanjang bulan Agustus, yaitu Lomba Foto instagram, Cerdas Cermat Virtual 17-an serta sebagai puncak perayaan, acara Pesta Rakyat pada 24 Agustus mendatang.

Pesta Rakyat merupakan gelaran tahunan pada momen perayaan kemerdekaan. Pada penyelenggaraan tahun lalu, acara ini dihadiri oleh lebih dari 2.000 pengunjung. Pesta Rakyat 2024 akan diisi oleh bazaar makanan dan produk Indonesia dari UMKM Indonesia yang ada di Inggris, permainan tradisional khas 17-an, tampilan seni budaya serta rencananya dimeriahkan oleh artis dari Indonesia, Melly Lee dan Ridwan Naibaho. 

3. Diaspora ramaikan HUT RI ke-79

Semarak Upacara HUT RI ke-79 di London InggrisPerayaan HUT RI ke-79 di Inggris. (dok. KBRI London)

Setelah rangkaian upacara, dilaksanakan pemotongan tumpeng tanda syukur atas anugerah kemerdekaan bagi bangsa Indonesia. Pada kesempatan tersebut, KBRI London memberikan apresiasi kepada perwakilan PPLN London dan Panwaslu London atas kontribusi mengawal kelancaran pelaksanaan Pemilu 2024 lalu di London.

Tanggal 17 Agustus tahun ini yang jatuh pada akhir pekan turut menambah antusiasme undangan untuk mengikuti upacara. Sekitar 200 undangan dari Bank Indonesia, BUMN, pelajar dan diaspora Indonesia dari berbagai kota di Inggris dan Irlandia turut hadir pada acara ini.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya