RI Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

Bisa ganggu proses negosiasi saat ini

Intinya Sih...

  • Indonesia mengecam pembunuhan Ismail Haniyeh di Teheran, Iran sebagai tindakan provokatif yang dapat merusak proses negosiasi di kawasan.
  • Hamas menuduh Israel sebagai dalang pembunuhan pemimpin politik mereka, Ismail Haniyeh, yang terjadi setelah pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.
  • Militer Israel tidak akan menanggapi berita terkait tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran dan media Iran melaporkan bahwa Haniyeh tewas akibat serangan udara.

Jakarta, IDN Times - Indonesia mengecam pembunuhan terhadap pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, hari ini, di Teheran, Iran.

“Tindakan tersebut merupakan tindakan provokatif yang dapat tingkatkan eskalasi konflik di kawasan dan merusak proses negosiasi yang terus diupayakan,” sebut pernyataan dari Kementerian Luar Negeri RI, Rabu (31/7/2024).

Baca Juga: Hamas Tuding Israel Dalang Tewasnya Ismail Haniyeh di Iran

1. Hamas tuding Israel adalah dalangnya

RI Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail HaniyehGrafis kronologi tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh. (IDN Times/Aditya Pratama)

Kelompok perjuangan Palestina, Hamas, menuding Israel adalah dalang dari pembunuhan yang menewaskan pemimpin politik mereka, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran, untuk menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian.

“Saudara pemimpin, mujahid Ismail Haniyeh tewas dalam serangan udara Zionis di Teheran setelah menghadiri pelantikan presiden Iran yang baru,” sebut pernyataan dari Hamas, dikutip dari Al Jazeera.

Sementara itu, militer Israel menyatakan tidak akan menanggapi berita terkait tewasnya pemimpin Hamas Ismail Haniyeh di Iran, hari ini. Berita kematian Haniyeh pertama kali dirilis oleh media pemerintah Iran.

“Kami tidak akan menanggapi laporan di media asing (merujuk pada laporan Iran),” sebut militer Israel, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

2. Serangan udara tewaskan Haniyeh

RI Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail HaniyehIsmail Haniyeh (Website/council.gov.ru/Dewan Federasi Majelis Federal Federasi Rusia)

Media Iran melaporkan bahwa Haniyeh tewas akibat serangan udara yang menghantam tempat ia menginap di utara ibu kota Teheran.

Menurut laporan, serangan itu terjadi sekitar pukul 02.00 dini hari waktu setempat di mana Haniyeh tinggal sementara di kediaman khusus veteran militer di Teheran.

Baca Juga: Pernyataan Hamas soal Tewasnya Ismail Haniyeh di Iran

3. Penyelidikan masih berlangsung

RI Kecam Pembunuhan Pemimpin Hamas Ismail HaniyehWakil Presiden RI ke-10 dan 12 Jusuf Kalla bertemu dengan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Doha, Qatar. (dok. tim media JK)

Korps Garda Revolusi Iran menegaskan sampai saat ini investigasi masih berlangsung terkait kematian Haniyeh.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Iran Nasser Kan’ani juga mengatakan bahwa penyelidikan akan dilakukan oleh lembaga terkait di Iran.

Baca Juga: Profil Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh yang Dibunuh di Iran

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya