Respons Pemimpin Dunia Usai Biden Mundur dari Pilpres AS

Mayoritas ucapkan terima kasih ke Joe Biden

Intinya Sih...

  • Mayoritas pemimpin dunia, termasuk Presiden Ukraina dan Israel, mengucapkan terima kasih kepada Joe Biden atas dukungannya selama ini. Biden mundur dari pencalonan Partai Demokrat pada Pilpres AS 2024 dan menominasikan Kamala Harris sebagai penggantinya. Sejumlah pemimpin dunia lainnya juga mengucapkan terima kasih kepada Biden, termasuk Perdana Menteri Kanada, Polandia, Jepang, Korea Selatan, serta mantan Perdana Menteri Inggris.

Jakarta, IDN Times - Petahana Joe Biden akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari pencalonan Partai Demokrat pada Pemilihan Presiden (Pilpres) Amerika Serikat (AS) 2024, setelah selama satu bulan terakhir ia didesak mundur.

Sejumlah pemimpin dunia, terutama para sekutu AS, turut menanggapi mundurnya Biden. Mayoritas mereka berterima kasih kepada kepemimpinan Biden selama ini.

“Kami berterima kasih kepada Joe Biden atas dukungannya yang tak tergoyahkan untuk Ukraina melawan Rusia. Banyak keputusan kuat yang telah dibuat dalam beberapa tahun terakhir, dan keputusan itu akan dikenang sebagai langkah berani yang diambil Biden, terutama menanggapi masa-masa sulit,” kata Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy, dikutip dari CNN, Senin (22/7/2024).

1. Israel ucapkan terima kasih atas persahabatan dengan Biden

Presiden Israel Isaac Herzog juga mengucapkan terima kasih kepada Biden atas persahabatannya selama ini.

“Kami akan selalu berterima kasih kepada Presiden Biden, terutama atas persahabatan dan dukungannya yang teguh terhadap rakyat Israel, dan sebagai sekutu sejati orang-orang Yahudi,” tukas Herzog.

Menteri Pertahanan Yoav Gallant juga mengucapkan terima kasih, karena dukungan AS selama ini, terutama untuk memegangi Hamas di Gaza.

Baca Juga: Joe Biden Mundur dari Pilpres AS, Obama Sampaikan Pujian

2. Kanada, Polandia, Jepang, dan Korsel juga sampaikan terima kasih

Selain itu, ada juga Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau, Perdana Menteri Polandia Donald Tusk, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida, serta Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol yang mengucapkan terima kasih kepada Biden.

Ada pula mantan Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak, Perdana Menteri Antony Albanese, serta PM Selandia Baru Christopher Luxon.

Baca Juga: Joe Biden Mundur dari Pilpres AS 2024

3. Ajukan Kamala Harris jadi penggantinya dari Partai Demokrat

Sebelumnya, Biden akhirnya mundur dari pencalonan Partai Demokrat sebagai calon presiden Pemilu AS 2024.

"Saya telah memutuskan untuk tidak menerima nominasi tersebut dan memfokuskan seluruh energi saya kepada tugas saya sebagai Presiden selama sisa masa jabatan saya," kata Biden.

Sebagai gantinya, Biden menominasikan Kamala Harris, wakil presiden AS saat ini, untuk maju pada Pemilu AS 2024 yang bakal digelar November mendatang.

"Hari ini saya ingin memberikan dukungan dan dukungan penuh saya agar Kamala menjadi calon partai kita tahun ini," lanjut Biden.

Topik:

  • Rochmanudin
  • Mohamad Aria

Berita Terkini Lainnya