Putin Kunjungi Vietnam, AS Berang

AS mengkritik penerimaan Vietnam terhadap Putin

Jakarta, IDN Times - Presiden Rusia Vladimir Putin sudah tiba di Vietnam pada pagi hari ini untuk bertemu dengan serangkaian pemimpin di negara tersebut, setelah menyelesaikan kunjungan ke Korea Utara (Korut).

Dilansir Channel News Asia, Kamis (20/6/2024), pesawat Putin mendarat di Bandara Internasional Hanoi. Dia disambut langsung Wakil Perdana Menteri Vietnam, Tran Hong Ha.

Sebelumnya, Putin sempat memuji poros Vietnam yang mendukung operasi militernya di Ukraina. Pujian Putin dipublikasikan di surat kabar Partai Komunis Vietnam.

Vietnam menjadi negara ketiga yang dikunjungi Putin setelah China dan Korut sejak dilantik lagi untuk masa jabatan kelima pada Mei lalu.

1. Kunjungan Putin pertama sejak 2017

Vietnam juga telah bersiap menyambut kedatangan Putin terakhir kali datang pada 2017. Terhitung sudah lima kali Putin mengunjungi Vietnam selama menjabat.

Putin direncanakan bakal menghadiri upcara peletakan karangan bunga di Mausoleum Ho Chi Minh, di mana pendiri Vietnam tersebut diawetkan.

Baca Juga: Putin Bertemu Kim Jong Un, Sindir Tingkah AS dan Sekutunya

2. AS kritik perjalanan Putin di Vietnam

Sementara itu, kunjungan dua hari Putin ke Vietnam disebut telah membuat ngamuk Amerika Serikat (AS).

Kedutaan Besar AS di Hanoi dilaporkan mengkritik kunjungan Putin dengan mengatakan bahwa tidak ada negara yang boleh memberikan wadah kepada Putin untuk mempromosikan perang agresinya dan membiarkan Putin menormalisasi kekejamannya.

3. Memperkuat kerja sama Rusia dan Vietnam

Dalam kunjungannya kali ini, Putin bakal bertemu dengan Sekretaris Jenderal Partai Komunis Nguyen Phu Trong dan Presiden baru Vietnam, To Lam.

Putin akan menyoroti penguatan kemitraan strategis komprehensif dengan Vietnam yang menjadi salah satu prioritas Moskow.

Baca Juga: Armada Kapal Perang Rusia Tinggalkan Kuba Usai 5 Hari Berlabuh

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya