9 Pemenang Kuis IDN Times Makan Siang Bareng Dubes Korsel 

IDN Times bekerja sama dengan Kedubes Korsel di Indonesia

Jakarta, IDN Times - Berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Korea Selatan (Korsel) di Indonesia, IDN Times menggelar kuis bertajuk IDN Times x Korean Embassy yang digelar pada pekan lalu dan ditutup pada 30 Juni 2024.

Kuis yang terdiri dari delapan pilihan ganda dan dua esai ini berhasil menjaring sekitar 120 orang dan diseleksi menjadi sembilan pemenang. Pertanyaan yang diajukan pun seputar hubungan bilateral antara Indonesia dan Korsel serta harapan-harapan para milenial dan Gen Z untuk relasi dua negara ke depannya.

Baca Juga: 700 Ribu Orang Teken Petisi Minta Presiden Korsel Dimakzulkan

1. Hadiah makan siang bareng Dubes Korsel

9 Pemenang Kuis IDN Times Makan Siang Bareng Dubes Korsel 9 pemenang Quiz IDN Times x Korean Embassy makan siang bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sembilan pemenang ini berhak mendapatkan kesempatan makan siang bersama Duta Besar Korsel untuk Indonesia Lee Sang Deok dan berbincang selama kurang lebih 1,5 jam pada 2 Juli 2024 kemarin. Menu yang disuguhkan adalah menu makanan Korea yang menggugah selera. 

Lee mengapresiasi kerja sama dengan IDN Times ini dan cukup terkejut ketika para pemenang mayoritas adalah milenial dan Gen Z yang paham soal relasi Indonesia dan Korsel. Para pemenang juga mendapatkan suvenir menarik dari Kedubes Korsel dan IDN Times. 

2. Senang bisa diberi kesempatan bertemu duta besar

9 Pemenang Kuis IDN Times Makan Siang Bareng Dubes Korsel 9 pemenang Quiz IDN Times x Korean Embassy makan siang bersama Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Lee Sang Deok. (IDN Times/Sonya Michaella)

Salah satu pemenang bernama Gusti AA Tehilla mengungkapkan kegembiraannya bisa mengikuti dan akhirnya menang kuis dari IDN Times ini.

“Senang sekali bisa berbincang dengan Bapak Dubes Korsel dan mengetahui seperti apa hubungan Indonesia dan Korsel di berbagai bidang. Terima kasih IDN Times telah menggelar kuiz ini,” ucap Tehilla.

Baca Juga: Profesor Kedokteran di Korsel Akan Mogok Kerja Tanpa Batas Waktu

3. Hubungan Indonesia dan Korsel makin kuat

9 Pemenang Kuis IDN Times Makan Siang Bareng Dubes Korsel Presiden Joko Widodo (kanan) menyambut kedatangan Presiden Republik Korea Selatan Yoon Suk Yeol, sebelum ASEAN-Republic of Korea (ROK) Summit ke-24 di Jakarta, Rabu (6/9/2023). (ANTARA FOTO/Media Center KTT ASEAN 2023/Dwi Prasetya)

Pada perayaan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel tahun lalu, Lee mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara pertama bagi Korsel untuk mengembangkan ladang minyak dan mendirikan kantor cabang KOICA (Korea International Cooperation Agency) di luar negeri.

“Indonesia adalah mitra pertama Korsel yang bersama-sama memproduksi senjata mutakhir generasi baru dan juga negara satu-satunya yang menjalin hubungan Special Strategic Partnership dengan Korsel di kawasan Asia Tenggara,” kata Lee pada November 2023 lalu.

Lee menekankan, memperkuat kerja sama antara Indonesia dan Korsel merupakan sebuah keharusan di tengah dinamisnya persaingan global antara beberapa negara besar seperti Amerika Serikat (AS) dan China.

Selain itu, pertukaran budaya antara Indonesia dan Korsel juga merupakan salah satu faktor yang mempererat hubungan kedua negara.

 

Baca Juga: Korut Sebut AS, Jepang, Korsel Mulai Bentuk NATO Asia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya