Paus Fransiskus Menginap di Kedubes Vatikan, Tak Ada Pengamanan Khusus

Paus Fransiskus menginap di Kedubes Vatikan di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Paus Fransiskus tiba di Indonesia Selasa (3/9/2024) siang. Sesampainya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang pada pukul 11.30 WIB, Paus beserta rombongan langsung menuju Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir, Jakarta.

Pantauan IDN Times pada pukul 15.00 WIB, tidak ada pengamanan yang ketat di sekitar Kedubes Vatikan. Mobil polisi bahkan berjaga di samping Stasiun Gambir, dekat Kedutaan Besar Amerika Serikat (AS).

Hanya ada satu anggota Paspampres di depan Kedubes Vatikan, dan dua petugas keamanan.

Paus Fransiskus memang memilih menginap di Kedubes Vatikan ketimbang di hotel bintang lima, selama kunjungannya di Jakarta.

1. Disambut sejumlah pejabat pemerintah Indonesia di Bandara Soetta

Paus Fransiskus Menginap di Kedubes Vatikan, Tak Ada Pengamanan KhususMenteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas menyambut kedatangan Paus Fransiskus (dok. Kemenag)

Kedatangan Paus Fransiskus disambut Menteri Agama RI Yaqut Cholil; Dewan Pertimbangan Presiden, Gandi Sulistiyanto; Duta Besar RI untuk Vatikan, Trias Kuncahyono; serta Duta Besar Vatikan untuk Indonesia, Piero Pioppo; dan juga Ketua Panitia Pelaksana Kunjungan Paus ke Indonesia, Ignasius Jonan.

Hadir pula Kepala Protokol Negara sekaligus Direktur Jenderal Protokol dan Konsuler Kementerian Luar Negeri RI, Andy Rachmianto.

Deretan kendaraan iring-iringan kedatangan Paus pun sudah siap. Sesuai keinginan Paus, ia akan menumpangi mobil Toyota Zenix selama kunjungannya di Jakarta.

Baca Juga: Misa Paus Fransiskus di GBK, Dishub Imbau Warga Pakai Angkutan Umum

2. Paus Fransiskus akan bertemu Presiden Jokowi besok

Paus Fransiskus Menginap di Kedubes Vatikan, Tak Ada Pengamanan KhususPaus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). (dok. Indonesia Papal Visit Committee)

Agenda pertama Paus Fransiskus di Jakarta bakal dimulai pada Rabu, 4 September 2024, yang akan bertemu Presiden Joko "Jokowi" Widodo di Istana Merdeka. Setelah itu, Paus direncanakan akan melakukan pertemuan dengan tokoh agama dan umat Katolik di Gereja Katedral, Jakarta.

Pada hari kedua atau Kamis, 5 September 2024 pagi, Paus dijadwalkan akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Yang istimewa, Paus bakal menggelar misa di Stadion Gelora Bung Karno (GBK) pada sore harinya.

Gereja Indonesia diminta berdoa untuk kelancaran kunjungan Paus. Bahkan, disiapkan kelompok doa yang terus-menerus berdoa tanpa henti untuk kelancaran acara ini. Seluruh umat di Indonesia dalam ibadah-ibadahnya mendoakan doa khusus yang disebarkan kepada semua umat.

Baca Juga: Kunjungan Paus Fransiskus, KAI Ubah Pola Operasi Kereta dari Gambir

3. Link resmi live streaming kegiatan Paus Fransiskus di Jakarta

Paus Fransiskus Menginap di Kedubes Vatikan, Tak Ada Pengamanan KhususPaus Fransiskus tiba di Indonesia pada Selasa (3/9/2024). (dok. Indonesia Papal Visit Committee)

Bagi umat Katolik dan masyarakat Indonesia yang ingin mengikuti kegiatan Paus Fransiskus selama di Jakarta, bisa menonton via link live streaming berikut:

1. Soekarno Hatta Airport (Arrival)3/9/2024 Pkl 10:00 wib
https://youtube.com/live/nbqydF2ESPo?feature=share

2. Istana Merdeka & Istana Negara4/9/2024 Pkl 09:00 wib
https://youtube.com/live/BaCOco51ad0?feature=share

3. Cathedral Church & Young Center Graha Pemuda4/9/2024 Pkl 16:00 wib
https://youtube.com/live/Ee7ERyWh2v4?feature=share

4. Istiqlal Mosque5/9/2024 Pkl 08:30 wib
https://youtube.com/live/VmHHM-vuCzo?feature=share

5. Indonesian Bishop’s Conference5/9/2024 Pkl 10:00 wib
https://youtube.com/live/hBtGAOU0Mb4?feature=share

6. Holy Mass at GBK Stadium5/9/2024 Pkl 17:00
https://youtube.com/live/b374iaOIToM?feature=share

7. Soekarno Hatta Airport (Departure)6/9/2024 Pkl 09:00 wib
https://youtube.com/live/0Kc0mxxXnYM?feature=share.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya