Partai Buruh Unggul di Pemilu, Kein Starmer Jadi PM Inggris 

Kekalahan telak bagi Partai Konservatif

Intinya Sih...

  • Partai Buruh Inggris menang dalam pemilu, menjadikan Keir Starmer sebagai perdana menteri baru setelah 14 tahun Partai Konservatif berkuasa.
  • Jajak pendapat menunjukkan kemenangan tipis Partai Buruh.
  • Kemenangan Starmer diharapkan membawa perubahan besar bagi Partai Buruh dan masyarakat Inggris yang menginginkan perbaikan ekonomi.

Jakarta, IDN Times - Partai Buruh Inggris memenangkan pemilihan umum Inggris yang digelar pada Kamis (4/7/2024). Dengan demikian, Inggris bakal memiliki perdana menteri baru, yaitu Keir Starmer.

Dilansir dari BBC, Jumat (5/7/2024), Partai Buruh berhasil menyingkirkan kekuasaan Partai Konservatif selama 14 tahun terakhir dengan prediksi meraup sekitar 410 kursi, sementara Partai Konservatif hanya mendapat 131 kursi.

“Terima kasih kepada semua orang yang memilih kami dan menaruh kepercayaan kepada Partai Buruh untuk perubahan,” kata Starmer.

Kekalahan Partai Konservatif ini disebut sebagai yang terburuk dalam 200 tahun sejarah partai tersebut. Hasil akhir pemilu Inggris bakal diumumkan secara resmi pada pagi hari ini, waktu setempat.

Baca Juga: Politikus Perempuan di Inggris Jadi Korban Pornografi Deepfake AI 

1. Bakal jadi PM Inggris dari Partai Buruh dalam 14 tahun terakhir

Starmer bakal menjadi perdana menteri baru Inggris yang berasal dari Partai Buruh dalam 14 tahun terakhir dan berhasil menggulingkan Partai Konservatif.

Jajak pendapat exit polls menunjukkan bahwa Partai Buruh telah bangkit kembali di Inggris dan bakal membuat terobosan baru.

Hasil yang diperoleh Starmer hanya berbeda tipis dari kemenangan Tony Blair pada 1997 di mana Partai Buruh kala itu berhasil meraup 418 kursi dari mayoritas 179 kursi.

Baca Juga: Ini Kata Palestina soal Indonesia-Malaysia Kirim Pasukan ke Gaza

2. Perubahan besar di Partai Buruh

Kemenangan Starmer ini juga diharapkan membawa perubahan besar bagi Partai Buruh. Starmer sendiri telah memimpin partai tersebut sejak empat tahun lalu.

Masyarakat Inggris juga dinilai butuh perubahan. Mereka menganggap kepemimpinan Rishi Sunak dari Partai Konsevatif tidak membawa perbaikan di Inggris, terutama masalah ekonomi.

Baca Juga: Pengakuan atas Palestina Bisa Dorong Keanggotaan Penuh di PBB

3. Siapa Keir Starmer?

Sesuai dengan jajak pendapat terbaru di Inggris sebelum pemilu, Partai Buruh bisa saja memenangkan pemilu tahun ini dengan dipimpin oleh Starmer.

Ia adalah mantan kepala jaksa penuntut umum dan juga mantan pengacara HAM. Starmer dinilai sebagai sosok yang bisa membantu Inggris bangkit dari situasi ekonomi yang buruk.

Baca Juga: PBB Tanggapi Perintah Evakuasi Israel di Khan Younis

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya