Muslim Australia Ingin Dalami Toleransi Indonesia

Tergabung dalam program AIMEP

Jakarta, IDN Times - Tujuh Muslim Australia berkesempatan untuk mengunjungi Indonesia selama 10 hari untuk bertukar pengalaman dan mempelajari budaya Indonesia, negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Zulpha tergabung dalam program The Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP). Selain itu, ada juga 12 Muslim Indonesia yang nantinya akan mengunjungi Australia.

Zulpha, salah satu Muslim Australia yang bermukim di Sydney, mengaku terkesan dengan suasana kehidupan Muslim di Indonesia, walaupun ia baru tiga hari berada di Jakarta.

“Indonesia adalah negara yang besar dan sangat berbeda. Saya belajar lebih banyak lagi melalui program ini dan saya sangat senang bisa berkunjung ke Indonesia,” kata Zulpha ditemui di PP Muhammadiyah, Jakarta, Rabu (11/9/2024).

1. Menceritakan kehidupan Muslim di Australia

Muslim Australia Ingin Dalami Toleransi IndonesiaZulpha Styer, seorang Muslim Australia. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sebagai minoritas di Australia, Zulpha juga merasakan perbedaan yang sangat mencolok ketika berada di Indonesia, yaitu ada mushola di hampir setiap lokasi.

“Kalau di Australia, kalian pasti tahu bahwa tidak ada mushola di setiap pusat perbelanjaan. Lalu saya juga harus merencanakan bagaimana saya bisa salat 5 waktu dan pasti kita akan menjelaskan kepada bos kita misalnya, bahwa saya harus berdoa 5 waktu dalam satu hari,” tutur Zulpha.

Baca Juga: Cerita Jurnalis Muslim Indonesia Satu Pesawat dengan Paus Fransiskus  

2. Belajar prinsip toleransi

Muslim Australia Ingin Dalami Toleransi IndonesiaMajid Istiqlal Indonesia (instagram.com/jxboard)

Selain itu, Zulpha juga ingin mempelajari bagaimana toleransi di Indonesia. Bahkan, ia menyebut bahwa Pancasila adalah sebuah prinsip yang indah.

“Salah satu yang ingin saya pelajari adalah toleransi serta kalian punya prinsip yang sangat indah yaitu Pancasila,” ucapnya.

Zulpha akan berada di Jakarta selama 5 hari, dan setelah itu akan berada di Yogyakarta selama 5 hari. Sebelumnya, Zulpha sudah mengikuti program AIMEP ini secara hybrid selama 4 pekan.

3. The Australia-Indonesia Muslim Exchange Program (AIMEP)

Program Pertukaran Muslim Australia-Indonesia (AIMEP) adalah program intensif pertukaran antarbudaya dan agama yang mempertemukan para penggerak perubahan Muslim, aktivis masyarakat, dan pemimpin baru dari seluruh Indonesia dan Australia.

Didirikan pada tahun 2002, AIMEP berfokus pada upaya membangun pemahaman yang lebih mendalam tentang kekayaan keragaman multikultural di Indonesia dan Australia, dengan penekanan pada berbagai ekspresi Islam arus utama yang berkembang di kedua masyarakat.

Program ini memupuk hubungan antara komunitas Muslim Australia dan Indonesia, dan memperkuat hubungan antarmasyarakat, kelembagaan, dan budaya antara kedua negara kita.

Baca Juga: Negara Toleran, Inggris Jamin WNI dan Muslim Disambut Hangat

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya