MUI Serukan Salat Gaib untuk Ismail Haniyeh Hari ini

Minta semua umat Islam laksanakan salat gaib

Intinya Sih...

  • MUI mengutuk pembunuhan Ismail Haniyeh dan meminta umat Islam laksanakan salat gaib untuknya.
  • MUI menyerukan bantuan materi bagi warga Palestina dan mendesak PBB untuk menjatuhkan sanksi kepada pemerintah Israel.
  • Masjid Istiqlal akan menggelar salat gaib hari ini, sedangkan jasad Haniyeh akan dimakamkan di Doha, Qatar.

Jakarta, IDN Times - Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengecam pembunuhan yang menewaskan pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh, di Iran pada 31 Juli 2024.

MUI juga mengimbau agar umat Islam di Indonesia dan seluruh dunia menggelar salat gaib untuk Haniyeh.

“Dewan Pimpinan MUI menghimbau kepada Dewan Pimpinan MUI Provinisi se-Indonesia, Ketua Umum Ormas Islam se-Indonesia, Pimpinan Pondok Pesantren, Perguruan Tinggi Islam, dan umat Islam sedunia untuk melaksanakan shalat ghaib untuk almarhum Asy-Syahid Ismail Haniyeh pada seusai saalat Jumat pada 2 Agustus 2024,” sebut pernyataan MUI, Jumat (2/8/2024).

“Mengimbau agar umat Islam juga terus mendoakan agar para pejuang kemerdekaan bangsa Palestina diberi keselamatan dan kemenangan,” lanjut pernyataan itu.

Baca Juga: Sumber Sebut Bom Tanam Tewaskan Ismail Haniyeh di Iran 

1. Menyerukan bantuan untuk warga Palestina

MUI Serukan Salat Gaib untuk Ismail Haniyeh Hari iniilustrasi bendera Palestina (pexels.com/Alfo Medeiros)

Selain itu, MUI juga menyerukan agar warga Indoenesia terus membantu warga Palestina, terutama yang ada di Gaza, berupa bantuan materi seperti pakaian dan obat-obatan serta makanan.

“Kami juga menyerukan umat Islam agar terus membantu bangsa Palestina dalam meraih kemerdekaannya baik bantuan materi berupa makanan, pakaian, obat-obatan, dan fasilitas umum lainnya maupun bantuan non materi yang bermanfaat bagi bangsa Palestina. Dan meminta PBB untuk menjatuhkan sanksi kepada pemerintah Israel atas kejahatan kemanusiaan yang dilakukannya,” tegas MUI.

2. Masjid Istiqlal gelar salat gaib untuk Haniyeh

MUI Serukan Salat Gaib untuk Ismail Haniyeh Hari iniMasjid Istiqlal (IDN Times/Sunariyah)

Masjid Istiqlal bakal menggelar salat gaib hari ini untuk memperingati tewasnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Teheran, Iran, pada 31 Juli 2024.

Salat gaib rencananya bakal digelar usai salat Jumat hari ini yang juga akan dihadiri Duta Besar Palestina untuk Indonesia Zuhair Al-Shun.

Baca Juga: Masjid Istiqlal Gelar Salat Gaib untuk Pemimpin Hamas Ismail Haniyeh

3. Haniyeh dikubur hari ini di Qatar

Jasad pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh bakal dimakamkan di Doha, Qatar, hari ini. Jasad Haniyeh dilaporkan sudah tiba di Doha sejak Kamis kemarin.

Haniyeh tewas dalam serangan udara di Teheran, Iran, pada 31 Juli 2024, saat berada di tempat tinggalnya usai menghadiri pelantikan Presiden Iran Masoud Pezeshkian, Selasa kemarin.

Upacara pemakaman sudah terlebih dahulu digelar di Teheran sejak kemarin dan dipimpin langsung oleh Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei. Iran juga menetapkan tiga hari masa berkabung atas kematian Haniyeh.

Sampai saat ini, Israel masih bungkam terkait tewasnya Haniyeh. Perdana Menteri Israel Netanyahu tidak mengiyakan tuduhan dari Iran dan Hamas yang menduga pelakunya adalah Israel, pun tidak menampiknya.

Baca Juga: Iran Ancam Bakal Balas Israel soal Tewasnya Ismail Haniyeh 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya