Menlu Retno Terima Kunjungan Penasihat Presiden Palestina

Bantuan kemanusiaan juga jadi bahasan

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan Hakim Agung Palestina, membahas dukungan kuat Indonesia untuk Palestina.
  • Retno dan Al-Habbash membicarakan bantuan kemanusiaan yang terhambat masuk ke Gaza, menjadi perhatian Indonesia.
  • Retno menegaskan dukungan Indonesia terhadap putusan Mahkamah Internasional terkait pendudukan Israel di Wilayah Palestina, disambut baik oleh Al-Habbash.

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menerima kunjungan Hakim Agung Palestina, yang juga merupakan Penasihat Presiden Palestina, Mahmoud Al-Habbash pada Kamis (8/8/2024) kemarin di Jakarta.

Menerima Al-Habbash, Retno kembali menyampaikan dukungan kuat Indonesia untuk Palestina.

“Menlu juga menegaskan konsistennya Indonesia dalam membela Palestina akan tetap sama. Indonesia juga menginginkan perdamaian di Palestina,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Roy Soemirat, dalam jumpa pers di Jakarta, Jumat (9/8/2024).

Baca Juga: Penasihat Presiden Palestina: Hamas-Fatah Bagian Kami

1. Bahas soal bantuan kemanusiaan

Menlu Retno Terima Kunjungan Penasihat Presiden PalestinaDampak serangan militer Israel ke Gaza, Palestina. (Dokumentasi UNRWA)

Selain itu, lanjut Roy, Retno dan Al-Habbash juga membahas soal bantuan kemanusiaan, utamanya yang masuk ke Gaza.

“Isu bantuan kemanusiaan menjadi perhatian bagi Indonesia, karena saat ini kita tahu bahwa bantuan kemanusiaan terhambat untuk warga Gaza,” ucap Roy.

2. Sampaikan lagi dukungan soal fatwa ICJ

Menlu Retno Terima Kunjungan Penasihat Presiden PalestinaJuru bicara Kementerian Luar Negeri RI, Roy Soemirat. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno juga kembali menegaskan dukungan Indonesia terhadap putusan Mahkamah Internasional atau ICJ, terkait dengan pendudukan Israel di Wilayah Palestina.

“Indonesia menyambut baik fatwa ICJ tersebut dan Indonesia siap bekerja sama untuk mendorong implementasi dari fatwa IJC,” ungkap Roy.

Baca Juga: Penasihat Presiden Palestina: Solusi 2 Negara Kami Terima dengan Pedih

3. Al-Habbash kagum dengan Retno

Menlu Retno Terima Kunjungan Penasihat Presiden PalestinaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dikutip dari laman NU Online, Al-Habbash mengungkapkan kekagumannya kepada Retno lantaran sosoknya yang terkenal di dunia internasional, salah satunya karena memperjuangkan hak-hak Palestina.

Al-Habbash bahkan menyebut Retno sebagai ummu filistin atau ibunya orang-orang Palestina.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Retno atas perannya dalam memperjuangkan Palestina, terutama selama Retno menjabat sebagai menteri luar negeri.

Baca Juga: Pesan Khusus Penasihat Presiden Palestina untuk Jokowi dan Rakyat RI

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya