Menlu Retno Soroti Pertambahan Ekspor RI ke Lithuania

Salah satunya adalah kelapa sawit

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menyoroti tiga hal kerja sama bilateral dengan Lithuania, salah satunya soal perdagangan.

Menerima Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis di Jakarta, Retno meminta dukungan Landsbergis agar lebih banyak lagi produk Indonesia yang bisa masuk ke pasar Lithuania.

“Produk Indonesia ini misalnya karet, kertas dan furnitur berbahan dasar kayu. Saya menyambut baik bahwa kelapa sawit Indonesia menjadi salah satu komoditas ekspor utama ke Lithuania,” kata Retno, dalam konferensi pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Senin (30/10/2023).

Hingga saat ini, sudah hampir 800 perkembangunan Indonesia yang menerima sertifikasi Indonesian Sustainable Palm Oil atau ISPO.

Baca Juga: Menlu Retno Minta Lithuania Serukan Gencatan Senjata di Gaza

1. Beasiswa dari Indonesia untuk pelajar Lithuania

Menlu Retno Soroti Pertambahan Ekspor RI ke LithuaniaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selain itu, Retno menyoroti kerja sama di bidang pendidikan dan kerja sama teknologi informasi serta kerja sama antaruniversitas.

“Tahun ini, Indonesia juga telah membuka kembali Beasiswa Darmasiswa untuk pelajar Lithuania dan sudah ada 73 alumni Lithuania dari beasiswa ini,” ucap Retno.

Retno juga mendorong kerja sama yang lebih kuat untuk mengembangkan teknologi informasi darat dan udara, serta memperkuat kemitraan keamanan siber.

Baca Juga: Lithuania Rilis Paspor Asing untuk Jebak Buronan Belarus

2. Akan teken MoU dengan Kadin

Menlu Retno Soroti Pertambahan Ekspor RI ke LithuaniaIlustrasi Bendera Lithuania. (pixabay.com/jorono)

Dalam upaya menjalin kerja sama business to business yang lebih erat dengan Indonesia, Lithuania juga akan meneken Memorandum of Understanding (MoU) antara Kadin dan Konfederasi Industri Lithuania hari ini.

“Saya juga mengapresiasi perluasan kerja sama industri penerbangan Lithuania yang berinvestasi di Bandara Ngurah Rai Bali,” ujar Retno.

Baca Juga: Menlu Retno Minta Lithuania Serukan Gencatan Senjata di Gaza

3. Lithuania berharap kerja sama ekonomi dengan Indonesia meningkat

Menlu Retno Soroti Pertambahan Ekspor RI ke LithuaniaMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Lithuania Gabrielius Landsbergis. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Landsbergis berharap agar kerja sama ekonomi antara Lithuania dan Indonesia bisa terus berkembang ke depannya.

“Kami juga membicarakan soal hubungan ekonomi di sektor-sektor besar seperti teknologi informasi dan energi terbarukan, serta pertanian. Lithuania dan Indonesia memiliki kepentingan yang sama dalam mendiversifikasikan rantai pasokan pangan, memperkuat keamanan siber,” tutur Landsbergis.

Kunjungan kali ini merupakan kunjungan perdana Landsbergis ke Jakarta. Pertemuannya dengan Retno hari ini juga memperingati 30 tahun peringatan hubungan diplomatik kedua negara.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya