Menlu Retno Safari ke Eropa, Cari Dukungan untuk Palestina 

Komitmen Indonesia mendukung kemerdekaan Palestina

Intinya Sih...

  • Indonesia terus perjuangkan kemerdekaan Palestina dengan safari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ke negara-negara Eropa
  • Indonesia menyambut baik pengakuan Negara Palestina dari beberapa negara Eropa belakangan ini

Jakarta, IDN Times - Indonesia tak lelah untuk memperjuangkan kemerdekaan Palestina. Hal ini dibuktikan dengan safari Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi ke sejumlah negara di Benua Eropa, beberapa waktu yang lalu.

Juru Bicara 2 Kementerian Luar Negeri RI, Rolliansyah Soemirat, menegaskan, selain untuk melakukan pertemuan bilateral, Retno juga kembali mengangkat soal situasi di Jalur Gaza

“Kunjungan Ibu Menlu ke negara-negara Eropa, selain untuk lakukan pertemuan bilateral juga kembali menekankan pentingnya masyarakat internasional untuk memberikan perhatian ke situasi di Gaza,” kata Roy, sapaan akrabnya, ke awak media di Jakarta, Rabu (3/7/2024).

“Ini akan dilakukan Bu Menlu dalam kapasitas nasional Indonesia maupun anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk terus melakukan pendekatan dengan masyarakat internasional terkait upaya memperoleh dukungan untuk Palestina,” ujar Roy.

Baca Juga: Uni Eropa Tuduh Induk Facebook Langgar Aturan, Berpotensi Didenda

1. Indonesia juga menyambut baik pengakuan negara Eropa ke Palestina

Menlu Retno Safari ke Eropa, Cari Dukungan untuk Palestina Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Alexander Schallenberg. (dok. Kemlu RI)

Selain itu, Roy juga menyinggung bahwa Indonesia menyambut baik pengakuan Negara Palestina dari beberapa negara Eropa belakangan ini.

“Indonesia menyambut baik fakta bahwa beberapa negara yang mengakui Negara Palestina,” ujar dia.

“Dan semakin banyak negara yang mengakui Palestina, semakin banyak negara yang berada di sisi yang tepat dalam sejarah,” lanjut Roy.

Sejumlah negara Eropa akhirnya mengakui Negara Palestina, antara lain Norwegia, Spanyol, Irlandia, Slovenia, dan Armenia.

Baca Juga: Indonesia-Malaysia Kompak Bakal Tegas soal Palestina

2. Pendekatan serupa akan terus dilakukan Retno

Menlu Retno Safari ke Eropa, Cari Dukungan untuk Palestina Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Menteri Luar Negeri Slovenia Tanja Fajon. (dok. Kemlu RI)

Roy menambahkan, pendekatan serupa bakal terus dilakukan Retno ke depannya agar dukungan terhadap Palestina semakin luas.

“Dukungan ini menunjukkan masyarakat internasional menjaga perlindungan hukum internasional terus berlangsung di Gaza,” kata Roy.

Baca Juga: Singapura Siap Akui Palestina, tapi Ada Syaratnya? 

3. Komite Palestina PBB datang ke Indonesia hari ini

Menlu Retno Safari ke Eropa, Cari Dukungan untuk Palestina Ilustrasi Negara Palestina (pixabay/safary248)

Sementara itu, Komite Palestina PBB (Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People atau CEIRPP) juga dijadwalkan bakal datang ke Jakarta. 

Roy mengatakan, tujuan utama kunjungan mereka adalah apresiasi dukungan Indonesia selama ini dan juga mendiskusikan langkah ke depannya.

Baca Juga: PM Malaysia Telepon Prabowo, Bahas Kerja Sama untuk Palestina

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya