Menlu Retno Minta Israel Berhenti Targetkan RS di Gaza 

Retno minta Israel patuhi hukum humaniter internasional

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi kembali menyerukan agar Israel menghentikan serangannya ke fasilitas publik seperti rumah sakit, masjid dan gereja di Gaza.

“Saya sekali lagi menyerukan agar Israel menghentikan pembunuhan warga sipil di Gaza dan berhenti menargetkan rumah sakit, masjid dan gereja,” kata Retno, dalam keterangannya, Senin (6/11/2023).

“Patuhi hukum humaniter internasional. Sekjen PBB pernah mengatakan, di dalam perang pun ada hukumnya,” tegas Retno lagi.

Baca Juga: Pidato Lengkap Menlu Retno Marsudi di Sidang Majelis Umum PBB 2023

1. Retno komunikasi dengan 3 WNI relawan di RS Indonesia

Menlu Retno Minta Israel Berhenti Targetkan RS di Gaza RS Indonesia di Jalur Gaza. (Dok. Tim MER-C Indonesia)

Retno juga mengakui bahwa dirinya terus berkomunikasi dengan tiga Warga Negara Indonesia (WNI) relawan MER-C yang ada di Gaza. Mereka saat ini masih bertugas di Rumah Sakit Indonesia di Gaza.

“Kementerian Luar Negeri juga melakukan komunikasi terus dengan tiga relawan MER-C yang berada di sekitar Rumah Sakit Indonesia serta Kantor MER-C Jakarta, guna memastikan keselamatan mereka,” ujar Retno.

Tiga WNI relawan RS Indonesia di Gaza ini mengaku memang memilih tidak ingin ikut proses evakuasi pemerintah Indonesia karena ingin melanjutkan misi kemanusiaan mereka di Gaza.

Baca Juga: Menlu Pantau Terus Kondisi 3 WNI Relawan RS Indonesia Gaza

2. Indonesia berdiri terus bersama rakyat Palestina

Menlu Retno Minta Israel Berhenti Targetkan RS di Gaza Retno Marsudi bacakan puisi saat Aksi Damai Bela Palestina di Monas pada Minggu (5/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Retno juga mengatakan bahwa Indonesia sudah bekerja sekuat tenaga untuk mendukung Palestina, terutama untuk menyerukan penghentian kekerasan dan serangan Israel di Jalur Gaza.

“Soal langkah diplomasi, Indonesia sudah all out. Seperti yang disampaikan Bapak Presiden tadi, posisi kita tetap bahwa kita akan terus bersama dengan rakyat Palestina untuk memperjuangkan hak-haknya dan sekarang kita fokus di kemanusiaan,” kata Retno usai mendampingi Presiden RI Joko Widodo melepas bantuan kemanusiaan untuk Gaza di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

3. Retno heran DK PBB masih diam soal Gaza

Menlu Retno Minta Israel Berhenti Targetkan RS di Gaza Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Media Forum. (IDN Times/Sonya Michaella)

Di samping itu, Retno mengaku heran karena Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) masih saja diam melihat kondisi Jalur Gaza saat ini yang terus digempur oleh pasukan Israel.

Krisis kemanusiaan di Gaza disuarakan oleh Retno ketika menghadiri ASEAN Media Forum di Sekretariat ASEAN dan saat menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Belanda, Hanke Bruins Slot di Jakarta hari ini.

“DK PBB masih saja diam dan tidak menyepakati apapun,” kata Retno, pekan lalu.

“Posisi Indonesia sangat jelas. Masalah kemanusiaan harus jadi fokus kita semua saat ini,” lanjut dia.

Baca Juga: Protes soal Gaza, Turki Tarik Duta Besar dari Israel

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya