Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas Darat

Tahun ini ada pertemuan dua kepala negara

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi bertemu Menteri Luar Negeri Malaysia Mohamad Hasan di Kuala Lumpur, hari ini. Salah satu isu yang dibahas adalah perbatasan darat.

"Pertama, kembali kita bahas mengenai masalah isu perbatasan. Untuk batas darat, kita menyambut baik selesainya negosiasi dua segmen darat, yaitu di Pulau Sebatik dan Sinapad-Sesai. Langkah selanjutnya, kedua belah pihak akan menuangkannya dalam MOU," kata Retno, dalam keterangannya, Rabu (3/7/2024).

1. Diharapkan proses segera selesai

Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas DaratMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Masih terkait dengan batas darat khususnya di segmen West Pillar ke AA-2 (di Pulau Sebatik), proses teknis sudah selesai atau proses teknis sudah mencapai tahap akhir.

"Langkah selanjutnya, kedua pihak akan menyiapkan field plan yang akan digunakan sebagai lampiran MOU. Kita berharap, proses-proses tersebut dapat diselesaikan menjelang Pertemuan Para Pemimpin kedua negara tahun ini," ucap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: RI Komitmen Bantu Rakyat Afghanistan

2. Keselamatan nelayan harus diperhatikan di wilayah yang belum ditetapkan batas maritimnya

Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas DaratIlustrasi kapal nelayan di Provinsi Kepri (IDN Times/Putra Gema Pamungkas)

Sementara untuk batas maritim, negosiasi masih terus dilakukan yaitu di Intertidal dan Gap area di Laut Sulawesi.

"Di dalam pertemuan bilateral, saya juga mengangkat pentingnya kedua pihak untuk konsisten mematuhi MoU Common Guidelines, guna menjamin keselamatan para nelayan di wilayah yang belum ditetapkan batas maritimnya," tutur Retno.

3. Diterima PM Anwar Ibrahim

Menlu Retno-Menlu Malaysia Diskusikan Soal Batas DaratMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. (x.com/anwaribrahim)

Selain itu, Retno juga melakujan kunjungan kehormatan kepada Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim. Soal batas darat juga masih menjadi topik pembicaraan.

"Saya juga sampaikan update kepada Perdana Menteri tentang kemajuan perundingan batas darat antara kedua negara. Sementara untuk perundingan batas maritim, diperlukan komitmen yang lebih kuat agar perundingan dapat memperoleh hasil yang baik dan saling menguntungkan kedua belah pihak," ungkap Retno.

Baca Juga: Jokowi Rayakan Ulang Tahun Bareng Keluarga, Ada Anwar Usman

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya