Menlu Retno Dapat Kejutan dari ASEAN, 10 Tahun Diplomasi

Warisan diplomasi Retno akan terus dilanjutkan

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi mendapat kejutan dari ASEAN berupa kompilasi foto dalam 10 tahun terakhir terkait diplomasi untuk ASEAN dan kawasan.
  • Tahun 2023 merupakan tahun keketuaan Indonesia di ASEAN di mana Retno sangat gencar berdiplomasi soal sejumlah isu di kawasan.
  • Retno menyampaikan kultur perdamaian dan kerja sama yang harus dipertahankan, serta Indonesia berada di depan untuk implementasikan ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP).

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi mendapat kejutan dari ASEAN kala menghadiri ASEAN Day hari ini di Sekretariat ASEAN, Jakarta.

Kejutan ini berupa kompilasi foto Retno dalam 10 tahun terakhir, terutama terkait diplomasi Retno untuk ASEAN dan kawasan. 

Tahun 2023 juga merupakan tahun keketuaan Indonesia di ASEAN di mana Retno sangat gencar berdiplomasi soal sejumlah isu di kawasan. 

"Warisan diplomasi Menlu Retno akan terus dilanjutkan untuk menginspirasi anak muda serta generasi muda untuk masa depan ASEAN," bunyi narasi video tersebut.

1. Tanggapan Menlu Retno soal kejutan dari ASEAN

Menlu Retno Dapat Kejutan dari ASEAN, 10 Tahun DiplomasiMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Day 2024. (IDN Times/Sonya Michaella)

Ditemui di Sekretariat ASEAN, Retno mengaku terharu dengan kejutan kompilasi 10 tahun perjalanan diplomasinya terkait ASEAN.

"Terima kasih. Di bawah administrasi Bapak Jokowi ini perjalanan yang panjang dan memang selama pemerintahan Bapak Jokowi komitmen ke ASEAN sangat tebal antara lain diwujudkan dari pembangunan gedung sekretariat baru yang menjadi headquarters bagi ASEAN," kata Retno, kepada awak media, Kamis (8/8/2024).

"Dan selama 10 tahun ini ada 1 tahun di mana Indonesia menjadi ketua dari ASEAN. Sekali lagi komitmen Indonesia jelas. Saya ucapkan terima kasih atas kerja sama, tak hanya with in ASEAN tapi juga dengan mitra wicara," ungkap Retno.

Baca Juga: ASEAN Minta Myanmar Komitmen Lima Poin Konsensus

2. Implementasi ASEAN Outlook on the Indo Pacific

Menlu Retno Dapat Kejutan dari ASEAN, 10 Tahun DiplomasiMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Day 2024. (IDN Times/Sonya Michaella)

Dalam pidatonya, Retno juga sempat menyampaikan kultur perdamaian, kultur bekerja sama ini harus terus dipertahankan pun dalam kerangka ASEAN Outlook on the Indo Pacific (AOIP).

"Konsepnya sudah ada, sekarang waktunya implementasi dan Indonesia juga berada di depan untuk mencoba bersama negara ASEAN lain untuk implementasikan AOIP," ucap dia.

Baca Juga: Inggris Kerusuhan, Menlu Pastikan WNI dalam Kondisi Aman

3. Retno hadiri ASEAN Day 2024

Menlu Retno Dapat Kejutan dari ASEAN, 10 Tahun DiplomasiMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di ASEAN Day 2024. (IDN Times/Sonya Michaella)

Retno menghadiri ASEAN Day di Sekretariat ASEAN hari ini. Tak hanya Retno, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI Airlangga Hartarto serta Menteri Agraria dan Tata Ruang RI Agus Harimurti Yudhoyono juga hadir.

Hadir pula Sekretaris Jenderal ASEAN Kao Kim Hourn pada peringatan HUT ASEAN ke-57 ini.

 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya