Menlu Retno Beberkan Komitmen RI Dukung Kemerdekaan Palestina 

Cukup sulit komitmen di tengah dunia yang carut-marut

Intinya Sih...

  • Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi, tegaskan komitmen Indonesia untuk kemerdekaan Palestina.
  • Indonesia terus mendorong gencatan senjata permanen di Jalur Gaza.
  • Indonesia meningkatkan kontribusi ke UNRWA dan mendorong Dewan Keamanan PBB untuk memaksa Israel mematuhi orders of International Court of Justice (ICJ).

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi menegaskan komitmen Indonesia untuk kemerdekaan bangsa Palestina. Salah satu upaya Indonesia adalah terus mendorong gencatan senjata permanen di Jalur Gaza.

“Sampai saat ini pemerintah Indonesia masih kokoh dan konsisten untuk terus membela bangsa Palestina dan karena prinsip Indonesia inilah, kita dihormati dunia internasional,” kata Retno dalam kuliah umum di Universitas Gajah Mada Yogyakarta, Senin (3/6/2024).

“Indonesia juga mengupayakan terus mendorong gencatan senjata segera dan permanen,” tegas Retno.

Baca Juga: Bertemu Negara Uni Eropa, Menlu Retno Soroti Isu Palestina

1. Tetap bertahan dengan komitmen membela Palestina

Menlu Retno Beberkan Komitmen RI Dukung Kemerdekaan Palestina Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. (dok. Youtube Fisipol UGM)

Selain itu, Retno menegaskan Indonesia masih konsisten dan kokoh mendukung kemerdekaan Palestina.

“Indonesia secara konsisten memegang prinsip dan nilai-nilai univesal untuk mendukung bangsa Palestina dan konsistensi prinsip ini bukan merupakan hal yang mudah. Sangat tidak mudah untuk memegang sebuah prinsip di tengah situasi dunia yang carut-marut, penuh dengan tekanan dan iming-iming bermacam transaksi,” ungkap Retno.

Baca Juga: Kehlani Rilis Lagu Next 2 U Sebagai Bentuk Dukungan untuk Palestina

2. Kontribusi Indonesia ke UNRWA

Menlu Retno Beberkan Komitmen RI Dukung Kemerdekaan Palestina Distribusi bantuan kemanusiaan UNRWA kepada warga Gaza. (twitter.com/UNRWA)

Dalam upaya mempertahankan posisi Indonesia, Retno memaparkan pemerintah telah meningkatkan kontribusinya ke Badan PBB untuk pengungsi Palestina atau UNRWA.

“Kita juga menaikkan kontribusi kita kepada UNRWA. Indonesia juga sudah berikan bantuan kemanusiaan ke Gaza, lewat darat dan udara. Ke depannya, bantuan ini akan kita sesuaikan dengan kebutuhan dan permintaan,” tutur dia.

Baca Juga: Israel Ajukan Kesepakatan 3 Fase untuk Gencatan Senjata di Gaza

3. Indonesia dorong DK PBB paksa Israel patuhi hukum internasional

Menlu Retno Beberkan Komitmen RI Dukung Kemerdekaan Palestina Suasana pemungutan suara di Dewan Keamanan PBB. (dok. X @UN)

Di sisi lain, Retno terus mendorong Dewan Keamanan PBB untuk memaksa Israel mematuhi orders of International Court of Justice (ICJ) atau perintah Mahkamah Internasional untuk menghentikan semua serangan di Jalur Gaza

“Saya juga mendorong banyak negara lain untuk mengakui Palestina dan mendorong proses keanggotaan Palestina di PBB dapat segera rampung,” katanya.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya