Menlu Retno Bahas RUU Kerja Sama 5 Negara dengan Komisi I DPR RI

9 fraksi setuju dengan RUU kerja sama ini

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, baru saja membahas lima Rancangan Undang-Undang (RUU) di bidang pertahanan bersama Komisi 1 DPR RI serta perwakilan dari Kementerian Pertahanan dan Kementerian Hukum dan HAM RI.

“Saya bersama Wamenhan dan wakil dari Kemenkumham baru saja menyelesaikan pembahasan Tahap 1 RUU kerja sama pertahanan 5 negara yaitu Brasil, India, Kamboja, Prancis dan Uni Emirat Arab,” kata Retno, di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Rabu (19/6/2024).

“Setelah kami jelaskan dari pemerintah, dan setelah mendengar pandangan semua fraksi, jadi 9 fraksi bisa setuju agar RUU ini bisa dilanjutkan pembahasannya untuk disepakati, dibentuk panja dan dibentuk tim serta nanti masuk ke Tahap 2 paripurna,” lanjut Retno.

Dalam penjelasan Retno ketika sidang, beberapa manfaat akan diperoleh dari kerja sama ini, antara lain peningkatan kapasitas pertahanan, transfer teknologi, riset bersama hingga peningkatan kapasitas SDM di bidang pertahanan.

1. Memperkuat ketahanan Indonesia

Menlu Retno Bahas RUU Kerja Sama 5 Negara dengan Komisi I DPR RIMenteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi (IDN Times/Ilman Nafi'an)

Selain itu, lanjut Retno, pembentukan kerja sama ini juga penting dilakukan karena dapat meningkatkan ketahanan Indonesia di tengah dunia yang penuh ketidakpastian dan persaingan geopolitik makin tajam.

“Kerja sama ini juga dilakukan dengan menghormati dan menjalankan prinsip-prinsip dasar negara antara lain politik luar negeri bebas aktif dan saya tekankan kerja sama ini bukan pakta pertahanan atau aliansi militer, tapi penguatan kerja sama dalam rangka untuk menjaga integritas wilayah Indonesia dan memperkuat pertahanan serta dalam rangka ikut menjaga perdamaian dunia,” ungkap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno soal Ukraina: Hormati Integritas Wilayah Lain

2. Turut memperkuat persahabatan antarlembaga pertahanan

Menlu Retno Bahas RUU Kerja Sama 5 Negara dengan Komisi I DPR RIRibuan prajurit TNI dan anggota kepolisian mengikuti latihan gabungan di Alun-alun Sukoharjo. (IDN Times/Fariz Fardianto)

Retno memaparkan, kerja sama dengan lima negara ini juga bakal memperkuat persahabatan antarlembaga pertahanan dan angkatan bersenjata negara-negara sahabat.

“Prinsip penyusunan dari perjanjian ini adalah kesetaraan, keuntungan bersama, penghormatan penuh atas kedaulatan dan integritas wilayah,” tutur dia.

3. Apa saja bentuk kerja samanya?

Menlu Retno Bahas RUU Kerja Sama 5 Negara dengan Komisi I DPR RIilustrasi bendera India. (unsplash.com/Naveed Ahmed)

Sementara, Retno kembali menjelaskan bahwa dari kerja sama dengan lima negara tersebut akan dilakukan dalam sejumlah bidang.

“Seperti pertukaran kunjungan, dialog, capacity building, dan juga kerja sama di ilmu pengetahuan, teknologi. Bahkan beberapa negara juga membuka peluang joint development dan joint marketing. Jadi, Tahap 1 sudah selesai, masuk ke panja dan jika lancar ke dilanjutkan ke Tahap 2,” tutupnya.

Baca Juga: Temui Presiden Finlandia, Menlu Retno Minta Palestina Segera Diakui

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya