KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir, Ini Jadwalnya!

Hari ini adalah hari terakhir dari gelaran KTT

Jakarta, IDN Times - KTT ke-43 ASEAN akan berakhir hari ini. Rangkaian pertemuan akan dimulai sekitar pukul 09.00 pagi WIB, berlokasi di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta.

Pertemuan akan dimulai dengan KTT ASEAN - India, lalu dilanjutkan dengan East Asia Summit. Pada siang hari, akan ada KTT ASEAN - Australia dan KTT ASEAN dengan Perserikatan Bangsa - Bangsa (PBB).

1. Keketuaan Indonesia akan berpindah ke Laos

KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir, Ini Jadwalnya!potret bendera Laos (laostravel.com)

Selain itu, hari ini juga akan diserahkan palu keketuaan ASEAN dari Indonesia ke Laos. Keketuaan ASEAN ini memang bergiliran sesuai dengan alfabet dari negara-negara anggota ASEAN.

Sore harinya, Presiden Republik Indonesia, Joko “Jokowi” Widodo akan memberikan keterangan pers di media center di JCC.

Baca Juga: KTT Ke-43 Cetak Sejarah, Sambut Sahabat Baru ASEAN

2. Rangkaian KTT ke-43 ASEAN sudah berlangsung selama sepekan

KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir, Ini Jadwalnya!Jakarta jadi tuan rumah KTT ke-43 ASEAN. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, rangkaian KTT ke-43 ASEAN sendiri sudah berlangsung selama sepekan, tepatnya dimulai dari 29 Agustus 2023 lalu.

Kemudian pada 4 September 2023 adalah pertemuan para menteri luar negeri ASEAN yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi. Pada 5 September 2023, digelar KTT ASEAN, yang hanya dihadiri oleh para kepala negara anggota ASEAN.

Keesokan harinya atau 5 September 2023 hingga hari ini, 6 September 2023, digelar KTT lanjutan yaitu KTT ASEAN bersama para negara mitra.

3. Gala Dinner KTT ASEAN digelar semalam di Hutan Kota

KTT ke-43 ASEAN Hari Terakhir, Ini Jadwalnya!Gala Dinner KTT ke-43 ASEAN di Hutan Kota. (Youtube Kominfo)

Kemarin malam, gegap gempita juga terasa di sekitar kawasan Senayan, tepatnya di Hutan Kota Plataran. Pasalnya, Indonesia, sebagai tuan rumah, menggelar gala dinner di sana.

Acara dimulai dari kedatangan para delegasi sekitar pukul 19.00 WIB. Kedatangan mereka disambut oleh Presiden Jokowi, bersama Ibu Negara Iriana Jokowi. Satu per satu tamu undangan tiba di lokasi acara hingga pukul 20.00 WIB.

Baca Juga: Ini Rangkaian Acara Gala Dinner KTT ASEAN 2023

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya