KTT ASEAN-AS Digelar Bulan Depan di Washington DC

Pertemuan ini akan membahas berbagai permasalahan kawasan

Jakarta, IDN Times - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN dan Amerika Serikat (AS) akan digelar pada 12-13 Mei 2022 di Washington DC, AS.

Pertemuan ini akan membahas penanganan pandemik, kerja sama kesehatan, pendidikan, percepatan pemulihan ekonomi dan berbagai tantangan geopolitik kawasan dan global. 

1. Pertemuan fisik pertama selama pandemik

KTT ASEAN-AS Digelar Bulan Depan di Washington DCPresiden Amerika Serikat dari Demokrat Joe Biden melambaikan tangan kepada wartawan sebelum masuk ke pesawat kampanye menjelang perjalanan menuju North Carolina, di Bandara Newscastle di Newcastle, Delaware, Amerika Serikat, Minggu (18/10/2020) (ANTARA FOTO/REUTERS/Tom Brenner)

KTT Khusus ASEAN dan Amerika Serikat ini akan menjadi pertemuan fisik pertama antara pemimpin ASEAN dan Presiden AS sejak 2017. 

“Sebelumnya Presiden AS Joe Biden hadir pada KTT ASEAN – AS ke-9 pada 26 Oktober 2021 secara virtual,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri RI, Senin (18/4/2022).

Indonesia sendiri kini menjadi koordinator hubungan ASEAN dan Washington DC.

Baca Juga: Mulai Hari Ini, Imigrasi Bebaskan Warga ASEAN Masuk RI Tanpa Visa

2. KTT sempat ditunda

KTT ASEAN-AS Digelar Bulan Depan di Washington DCBendera-bendera anggota ASEAN. (Pixabay.com/nguyenthuantien)

KTT ASEAN-AS sedianya digelar pada Maret 2022 lalu. Namun, KTT ini ditunda karena beberapa pemimpin ASEAN tidak dapat menghadiri pertemuan di tanggal yang telah ditentukan.

Sebelumnya, AS mengumumkan KTT bakal digelar pada 28-29 Maret 2022.

3. AS adalah mitra strategis ASEAN

KTT ASEAN-AS Digelar Bulan Depan di Washington DCGedung Sekretariat ASEAN (ASEC). (twitter.com/ASEAN)

Amerika Serikat merupakan mitra strategis ASEAN. KTT Khusus kali ini, yang sekaligus menjadi perayaan 45 tahun kemitraan ASEAN-AS, merupakan momentum untuk memperkuat kemitraan tersebut. 

Berdasarkan data Sekretariat ASEAN, Amerika Serikat merupakan mitra dagang kedua terbesar setelah RRT dan sumber investasi utama ke ASEAN dengan nilai investasi USD35 miliar pada tahun 2020.

Baca Juga: RI Diutus Wakili ASEAN+3 untuk Bahas Konflik Rusia-Ukraina

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya