Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Panen Apresiasi

Biro Komite Palestina kunjungi Indonesia

Jakarta, IDN Times - Wakil Tetap RI untuk PBB Arrmanatha Nasir mengatakan bahwa Biro Komite Palestina PBB menyampaikan apresiasi tinggi untuk Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi atas dedikasinya memperjuangkan kemerdekaan Palestina.

“Biro menyampaikan apresiasi ke Menlu Retno karena dedikasi Menlu dan juga Indonesia dalam memperjuangkan Palestina. Tidak hanya di PBB tapi juga di setiap kesempatan, apakah itu bilateral maupun forum multilateral,” kata Tata, sapaan akrabnya, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

“Pengakuan ini tidak hanya datang dari Biro saja, tapi juga dari komunitas internasional,” ungkap mantan juru bicara Kemlu RI ini.

1. Dedikasi tinggi dari Retno

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Panen ApresiasiMenteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di debat terbuka DK PBB, Januari 2024. (dok. UN TV)

Tata mengungkapkan bahwa salah satu langkah yang sangat diapresiasi adalah kehadiran Retno di Dewan Keamanan PBB serta International Court of Justice (ICJ).

“Contohnya di DK PBB, Menlu Retno terbang 20 jam ke New York, hanya untuk berbicara empat menit di DK PBB, karena itu batas waktu yang diberikan ke satu negara, tapi pesan beliau sangat kuat dan jelas,” ucap Tata.

Baca Juga: Temui Menlu Malaysia, Retno Usulkan Mekanisme Khusus untuk Kasus PMI

2. Biro Komite Palestina puji sikap konsisten Indonesia

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Panen ApresiasiBiro Komite Palestina PBB (Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People). (IDN Times/Sonya Michaella)

Biro Komite Palestina untuk PBB dari Committee on the Exercise of the Inalienable Rights of the Palestinian People mengunjungi Indonesia. Wakil Tetap Palestina untuk PBB Riyad Mansour juga ikut hadir.

Biro Komite Palestina ini terlebih dahulu diterima Menteri Luar Negeri Republik Indonesia Retno Marsudi. Selanjutnya, Komite ini akan bertemu dengan Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin dan presiden terpilih Prabowo Subianto serta beberapa NGO.

“Kami ucapkan terima kasih yang besar untuk pemerintah Indonesia, kepada masyarakat Indonesia. Kami akan bertemu berbagai pihak di Indonesia dan mengharapkan diskusi yang sangat konstruktif untuk mengakhiri genosida terhadap rakyat Palestina,” kata Mansour, dalam jumpa pers di Kementerian Luar Negeri RI, Kamis (4/7/2024).

Biro Komite Palestina terdiri dari para perwakilan tetap di PBB, antara lain Indonesia, Palestina, Malaysia, Senegal, Namibia, Nikaragua, dan Kuba.

3. Harapkan banyak pengakuan atas Palestina

Konsisten Bela Palestina, Menlu Retno Panen ApresiasiWakil Tetap Palestina untuk PBB, Riyad Mansour (tengah). (IDN Times/Sonya Michaella)

Mansour juga menegaskan bahwa Palestina berhak menerima haknya sebagai negara dan masyarakat.

“Jadi semakin banyak pengakuan yang kita miliki atas Negara Palestina, hal ini akan membantu meyakinkan mereka, pihak yang tidak yakin, bahwa kita juga mulai mengumpulkan pengakuan atas negara-negara Eropa dan juga negara-negara di Asia,” tutur Mansour.

Baca Juga: Menlu Retno: RI Komitmen Bantu Rakyat Afghanistan

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya