Kisah Warga Setia Menanti Paus Fransiskus di Gerbang Kedubes Vatikan

Ingin melihat rupa Paus Fransiskus

Jakarta, IDN Times - Erna, seorang warga Jakarta, tampak setia berdiri di depan Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta Pusat,  Rabu (4/9/2024). Kepada IDN Times, Erna mengatakan dirinya datant jauh-jauh dari Kalimalang, Jakarta Timur.

Erna dan kerabat menempuh perjalanan ke kawasan Gambir, Jakarta Pusat, demi bisa melihat dan menyambut Paus Fransiskus.

"Saya dari Paroki Agustinus, sengaja datang ke sini, saya mau lihat Bapa Paus Fransiskus dari dekat. Kalau bisa, salaman," kata Erna.

Sebelum ke Kedubes Vatikan, bahkan Erna sempat memasak untuk para misdinar dari parokinya yang mendapat kesempatan untuk mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus, besok di Gelora Bung Karno (GBK).

Baca Juga: Warga Antusias Sambut Paus Fransiskus di Seberang Istana Merdeka

1. Mengaku bahagia karena Paus bisa ke Indonesia

Kisah Warga Setia Menanti Paus Fransiskus di Gerbang Kedubes VatikanSuasana Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, bersiap untuk agenda Paus Fransiskus berikutnya. (IDN Times/Sonya Michaella

Sebagai umat Katolik, Erna mengaku sangat bahagia Paus Fransiskus bisa berkunjung ke Indonesia.

"Kalau kita yang ke sana itu (Vatikan) butuh biaya banyak. Tidak semua orang mampu. Berbahagialah umat Katolik karena Paus Fransiskus ke Indonesia," ungkap Erna.

2. Paus menginap di Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta

Kisah Warga Setia Menanti Paus Fransiskus di Gerbang Kedubes VatikanSuasana Kedutaan Besar Vatikan di Jakarta, bersiap untuk agenda Paus Fransiskus berikutnya. (IDN Times/Sonya Michaella

Selain memutuskan untuk memakai pesawat komersial dari Roma, lagi-lagi Paus tak bermewah-mewah ketika melakukan kunjungan ke negara lain.

Di Jakarta, Paus diketahui menginap di Kedutaan Besar Vatikan di kawasan Gambir ketimbang di hotel bintang lima ibu kota.

Baca Juga: Anak-anak Berbaju Adat Nusantara Siap Sambut Paus Fransiskus di Istana

3. Paus tolak mobil antipeluru, pilih Toyota Innova Zenix

Kisah Warga Setia Menanti Paus Fransiskus di Gerbang Kedubes VatikanPaus Fransiskus melambaikan tangan saat melintasi kawasan Bundaran HI, Jakarta, Selasa (3/9/2024). (ANTARA FOTO/)Dhemas Reviyanto)

Paus juga meminta agar disediakan mobil seperti layaknya warga biasa, tak mau mobil antipeluru atau mobil khusus. Adapun mobil Toyota Innova Zenix warna putih sudah menunggu di Bandara Soetta untuk mengantarkan Paus selama berada di Jakarta. Bahkan, Paus duduk di kursi depan, samping pengemudi.

Nantinya, di misa akbar yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK) pada 5 September 2024, Paus akan menumpangi popemobile saat datang nanti, yang dibuat khusus dari basis Pindad Maung MV3 Tangguh. Dari video dan foto yang beredar di media sosial, mobil tersebut memiliki atap terbuka namun dengan penutup khusus pada bagian depannya.

Dari kendaraan ini, Paus bakal menyapa umat Katolik yang hadir dalam Perayaan Ekaristi di GBK.

Baca Juga: Cerita Warga Indonesia Kagum Melihat Kesederhanaan Paus Fransiskus 

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya