Kebakaran Landa Hunian Pekerja Migran di Kuwait, WNI Aman 

KBRI Kuwait pastikan tidak ada WNI jadi korban

Jakarta, IDN Times - Kebakaran melanda sebuah hunian apartemen pekerja migran di wilayah Mangaf, Kuwait, Rabu, 12 Juni 2024. Setidaknya ada 150 pekerja migran yang tinggal di blok tersebut, dan mayoritas adalah warga negara India.

Kebakaran diindikasi berasal dari dapur lantai dasar, dan menyebar ke seluruh gedung. Hingga saat ini, penyebab pasti kebakaran masih diselidiki otoritas setempat.

“Akibat insiden ini, KBRI Kuwait City langsung melakukan koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk rumah sakit, dan sejauh ini tidak ada Warga Negara Indonesia (WNI) yang menjadi korban,” kata Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI, Judha Nugraha, dalam keterangannya, Kamis (13/6/2024).

Judha menegaskan KBRI masih terus memantau perkembangan dari insiden tersebut, dan terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

Baca Juga: Kemlu Pulangkan 216 WNI Kelompok Rentan dari Malaysia

1. Sebanyak 49 orang dinyatakan tewas

Setidaknya 49 orang tewas akibat amukan si jago merah ini. Penyelidikan awal memperlihatkan ada lebih dari 20 tangki gas memasak, dan ada barang-barang yang mudah terbakar menumpuk di blok hunian tersebut.

“Ini penyebab kebakaran menyebar dengan cepat,” kata polisi setempat, dikutip dari CNN.

2. Mayoritas tewas karena sesak napas

Sementara, polisi mengungkapkan mayoritas pekerja migran tewas lantaran sesak napas. Saat ini juga masih ada 11 orang yang dirawat di rumah sakit.

Dikhawatirkan korban tewas terus bertambah. Sejauh ini, polisi sudah mengidentifikasi tiga jenazah.

Baca Juga: Sebanyak 34 dari 37 WNI yang Berhaji Tanpa Visa Dipulangkan

3. Ada sejumlah WN India yang tewas

Sementara, Kementerian Luar Negeri India mengonfirmasi dari pekerja migran yang menjadi korban tewas dalam kebakaran, ada sekitar 40 WN India menjadi korban.

Menteri Luar Negeri India saat ini juga sedang menuju ke Kuwait, untuk menyalurkan bantuan dan memulangkan jasad warga negaranya.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya