Kapal Perang AS Lintasi Selat Taiwan, China Siaga! 

AS sebut kapalnya hanya transit

Jakarta, IDN Times - Kapal perang Amerika Serikat (AS) USS Milius berlayar melewati Selat Taiwan pada hari ini, Senin (17/4/2023).

Dilansir dari Channel News Asia, Angkatan Laut AS menyebutnya sebagai transit yang rutin dilakukan kapal-kapal Washington lainnya.

Meski demikian, lewatnya USS Milius ini diperkirakan menantang China yang baru saja mengakhiri latihan militernya di sekitar Selat Taiwan.

1. AS sebut kapalnya transit adalah hal biasa

Sementara itu, Angkatan Laut AS mengatakan USS Milius yang melewati Selat Taiwan merupakan kegiatan transit rutin yang berlandaskan asas kebebasan navigasi sesuai hukum internasional.

“Kapal itu transit melalui koridor di selat yang berada di luar laut teritorial negara mana pun,” sebut pernyataan dari AL AS.

“Militer AS terbang, berlayar dan beroperasi di mana saja yang diizinkan oleh hukum internasional,” lanjutnya.

Selain itu, transit kapal-kapal AS menunjukkan komitmen Washington terhadap Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.

Baca Juga: [WANSUS] Jejak Muhammadiyah di Taiwan

2. China siaga ketika kapal perang AS lewat

Lewatnya USS Milius ini meningkat kewaspadaan China. Komando Teater Timur Militer China menegaskan, mereka telah mengikuti dan memantau pergerakan USS Milius yang berlayar melewati Selat Taiwan.

“China tetap waspada setiap saat dan akan dengan tegas mempertahankan kedaulatan dan keamanan nasional serta perdamaian dan stabilitas regional,” tegas mereka.

3. USS Milius sempat berlayar di dekat pulau di Laut China Selatan

Pekan lalu, USS Milius dilaporkan sempat berlayar di salah satu pulau buatan di Laut China Selatan, Mischief Reef. Beijing mengecamnya sebagai aksi ilegal.

Dan bulan lalu, USS Milius juga dilaporkan melintasi Laut China Selatan dengan melewati Kepulauan Paracel.

Baca Juga: Menlu Jerman Datang, China Minta Didukung Reunifikasi dengan Taiwan

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya