Kanada Umumkan Garda Revolusi Iran Masuk Daftar Teroris

Kanada soroti situasi HAM di Iran

Intinya Sih...

  • Kanada memasukkan Garda Revolusi Islam Iran sebagai entitas terorisme
  • Situasi HAM di Iran menjadi alasan utama bagi Kanada untuk mengambil langkah tersebut
  • Menteri Luar Negeri Kanada mendesak warga negaranya untuk tidak melakukan perjalanan ke Iran

Jakarta, IDN Times - Kanada telah memasukkan Garda Revolusi Islam Iran sebagai entitas terorisme. Selain itu, Kanada juga meminta agar warganya di Iran segera pergi dari negara tersebut.

“Langkah tersebut akan membantu Kanada dalam melawan pendanaan teroris. Keputusan mendaftarkan Garda Revolusi Islam Iran ke daftar teroris mengirimkan pesan yang kuat bahwa Kanada akan melakukan segala cara untuk memerangi aktivitas teroris,” sebut pernyataan dari pemerintah Kanada, dikutip dari Al Jazeera, Kamis (20/6/2024).

Selain Garda Revolusi Islam Iran, Hamas dan Hizbullah juga ditempatkan dalam daftar teroris tersebut oleh Kanada. Terkait langkah Ottawa ini, belum ada respons langsung dari pemerintah Iran sampai hari ini.

Baca Juga: Kanada Beri Sanksi ke Rusia atas Kematian Navalny

1. Kanada catat situasi HAM Iran

Menteri Keamanan Publik Kanada Dominic LeBlanc mencatat bahwa situasi Hak Asasi Manusia (HAM) di Iran adalah salah satu alasan di balik keputusan tersebut.

“Rezim Iran secara konsisten menunjukkan pengabaian terhadap HAM, baik di dalam maupun di luar Iran, serta adanya gangguan stabilitas tatanan internasional,” ungkap LeBlanc.

“Pendaftaran Garda Revolusi Islam Iran di daftar teroris adalah upaya pemerintah Kanada yang lebih luas bahwa tidak ada impunitas atas tindakan melanggar hukum Iran dan dukungannya terhadap terorisme,” tutur dia.

2. Larang warga Kanada masuki Iran

Sementara itu, Menteri Luar Negeri Melanie Joly mendesak agar warga Kanada untuk tidak melakukan perjalanan ke Iran, dengan alasan meningkatnya risiko ‘penahanan sewenang-wenang’.

“Bagi mereka yang berada di Iran saat ini, inilah waktunya untuk pulang. Bagi mereka yang berencana pergi ke Iran, mohon untuk ditunda,” kata Joly.

Baca Juga: Dampak Kematian Presiden Iran Dinilai Tak Signifikan ke Ekonomi Global

3. Aset Garda Revolusi Iran akan dibekukan oleh Kanada

Akibat dimasukkan ke daftar teroris ini, lembaga keuangan Kanada bakal membekukan aset Garda Revolusi Iran dan melarang warga Kanada untuk terlibat dalam transaksi keuangan dengan kelompol tersebut.

Amerika Serikat (AS) bahkan sudah menetapkan Garda Revolusi Iran sebagai kelompok teroris pada 2019. Sejatinya Garda Revolusi Iran adalah pasukan elite yang beroperasi dengan otonomi tertentu dan bertanggung jawab langsung kepada pemimpin tertinggi Iran, Ali Khamenei.

Baca Juga: Kanada Perkuat Hubungan Pertahanan dengan Indonesia

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya