Kanada Serukan Gencatan Senjata Segera di Gaza

Kanada akan berikan bantuan kemanusiaan ke Gaza

Intinya Sih...

  • Kanada memberikan bantuan kemanusiaan ke Gaza sebagai respons terhadap serangan Israel sejak pecah perang 7 Oktober 2023.
  • Perdana Menteri Trudeau menekankan pentingnya gencatan senjata, peningkatan bantuan kemanusiaan, dan perlindungan warga sipil di Gaza.
  • Kanada berjanji memberikan 165 juta dolar AS dalam bentuk bantuan untuk Gaza dan Tepi Barat serta menyerukan evakuasi penduduk di wilayah Gaza yang dianggap zona pertempuran berbahaya.

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau menyerukan gencatan senjata segera dan peningkatan bantuan kemanusiaan ke Gaza. Trudeau menekankan bantuan kemanusiaan ke wilayah Palestina yang porak poranda akibat serangan Israel sejak pecah perang 7 Oktober 2023 itu sebagai kebutuhan yang mendesak.

"Hari ini, di Hari Kemanusiaan Dunia, kita menghormati para pahlawan yang mempertaruhkan nyawa mereka untuk melindungi kaum paling rentan di dunia," kata Trudeau, dikutip dari ANTARA, Selasa (20/8/2024).

1. Tantangan yang besar dihadapi dunia

Kanada Serukan Gencatan Senjata Segera di GazaSituasi di Gaza utara. (dok. X @mercindonesia)

Merefleksikan serangan mematikan 21 tahun lalu di markas besar Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Baghdad, yang menewaskan 22 pekerja kemanusiaan dan melukai lebih dari 150 orang lainnya, Trudeau merasa tantangan semakin besar dalam upaya menyalurkan bantuan di seluruh dunia.

"Dampak konflik bersenjata dan perubahan iklim telah menyebabkan jumlah orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan mencapai rekor tertinggi," katanya.

Baca Juga: Israel Bombardir Gaza Lagi, 20 Orang Tewas

2. Kanada komitmen sumbang warga di Gaza dan Tepi Barat

Kanada Serukan Gencatan Senjata Segera di Gazailustrasi Palestina (pixabay.com/hosnysalah)

Trudeau menegaskan kembali komitmen Kanada untuk membantu mereka yang membutuhkan melalui kemitraan dengan organisasi-organisasi seperti PBB, Gerakan Palang Merah Internasional dan Bulan Sabit Merah, serta berbagai lembaga swadaya masyarakat (LSM).

Menanggapi krisis di Gaza, dia menggambarkan situasinya sebagai "bencana" dan menekankan, "Salah satu wilayah di mana bantuan kemanusiaan paling dibutuhkan hari ini adalah Gaza."

Kanada berjanji memberikan 165 juta dolar AS (Rp2,5triliun) dalam bentuk bantuan untuk Gaza dan Tepi Barat.

"Gencatan senjata segera ini harus dilakukan, disertai dengan pembebasan sandera, perlindungan warga sipil dan peningkatan aliran bantuan kemanusiaan," tutur dia.

3. Israel minta warga Gaza dievakuasi dari wilayah tengah dan selatan

Kanada Serukan Gencatan Senjata Segera di Gazasalah satu sudut kota Gaza. (unsplash.com/Mohammed Ibrahim)

Sementara itu, tentara Israel mengeluarkan perintah evakuasi baru pada Jumat (16/8/2024) bagi penduduk di beberapa wilayah Jalur Gaza bagian tengah dan selatan, yang sebelumnya ditetapkan sebagai zona aman kemanusiaan.

Juru Bicara tentara Israel, Avichay Adraee, mengumumkan penduduk Blok 89-2356 di lingkungan Deir al-Balah timur dan al-Qarara, al-Mawasi, al-Jalaa, Kota Hamad, serta al-Nasser di Khan Younis, harus dievakuasi. Militer tersebut mengklaim wilayah-wilayah tersebut adalah zona pertempuran berbahaya karena dugaan operasi Hamas.

Baca Juga: Pekerja di Kanada Tewas akibat Serangan Beruang Kutub

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya