Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab soal Gaza!

Korban tewas kini sudah mencapai 10 ribu orang

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo meminta Israel mempertanggungjawabkan serangan yang membuat Gaza porak-poranda. Ulah Israel itu menewaskan lebih dari 10 ribu warga Palestina.

Hal ini disampaikan Jokowi saat mendarat di Washington DC, Amerika Serikat (AS), untuk bertemu Presiden Joe Biden serta menghadiri KTT APEC. Sebelum ke AS, Jokowi mengunjungi Arab Saudi untuk menghadiri KTT Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).

“Dunia seolah tak berdaya menyaksikan penderitaan warga Palestina. Saya mengajak negara-negara OKI untuk bersatu, berada di garis terdepan untuk memperjuangkan keadilan bagi rakyat Palestina,” kata Jokowi, dalam keterangannya, Senin (13/11/2023).

Baca Juga: Israel Targetkan RS Al Shifa, 37 Bayi Prematur Terancam

1. Israel harus tanggung jawab

Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab soal Gaza!Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Jokowi mendesak agar gencatan senjata segera dilakukan. Presiden juga meminta bantuan kemanusiaan ke Gaza dipercepat dan diperbanyak. Perundingan damai pun harus segera dimulai.

“Fasilitas publik dan kegiatan kemanusiaan tidak boleh menjadi sasaran serangan dan Israel harus bertanggung jawab atas kekejaman yang telah dilakukan,” tegas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Dukung Penuh Menlu Retno Upaya Damaikan Gaza 

2. Bakal sampaikan hasil KTT OKI dan pesan Presiden Palestina ke Biden

Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab soal Gaza!Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Amerika Serikat Joe Biden (dok. Sekretariat Presiden)

Jokowi akan bertemu Presiden Biden di Gedung Putih pada Senin, (13/11/2023), waktu setempat.

"KTT OKI menghasilkan resolusi yang berisi pesan yang sangat kuat untuk dunia. Dan pesan inilah yang akan saya sampaikan ke Presiden Biden esok hari. Ini adalah suara dari 57 negara, sepertiga suara negara di dunia," ucap “Jokowi.

“Selain itu, saya juga akan menyampaikan pesan dari Presiden Palestina Mahmoud Abbas yang meminta saya secara khusus untuk menyampaikannya kepada Presiden Biden," lanjut Jokowi.

Baca Juga: Sejarah Boikot yang Jadi 'Senjata' Melawan Israel

3. Menlu Retno jadi salah satu menlu yang diberi mandat OKI

Jokowi: Israel Harus Tanggung Jawab soal Gaza!Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberi penjelasan soal evakuasi WNI dari Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. (IDN Times/Sonya Michaella)

Sementara itu, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menjadi satu dari sekian menlu negara Islam yang diberi mandat oleh OKI untuk bisa menyelesaikan konflik Palestina dan Israel.

"Saya juga memberikan dukungan penuh untuk menteri luar negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," kata Jokowi.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya