Jokowi: Ekonomi ASEAN dan Negara GCC Harus Dimaksimalkan

Terutama lewat potensi dagang dan investasi

Jakarta, IDN Times - Presiden RI Joko “Jokowi” Widodo tengah menghadiri KTT ASEAN dan Gulf Cooperation Council (GCC) atau Dewan Negara Teluk di Riyadh, Arab Saudi. Dalam pidato pembukaannya, Jokowi menekankan kerja sama ekonomi ASEAN dengan negara-negara anggota GCC harus dimaksimalkan.

“Di bidang ekonomi, kita perlu memaksimalkan potensi ekonomi melalui investasi dan perdagangan yang berimbang, terbuka dan termasuk dengan kerangka perdagangan ASEAN - GCC, dan melalui pembangunan industri, sertifikasi halal, dan pengembangan wisata halal,” kata Jokowi, di Riyadh, Jumat (20/10/2023).

Menurut Jokowi, ASEAN dan GCC adalah dua kekuatan besar yang akan terus bertumbuh ke depannya. Total populasi kedua organisasi ini mencapai lebih dari 700 juta jiwa.

“Ini adalah modal besar negeri kita untuk memainkan peran strategis sebagai kekuatan positif di tengah kondisi dunia yang terbelah,” ucap Jokowi.

Baca Juga: Tiba di Riyadh, Jokowi Bertemu PM Arab Saudi

1. Jokowi singgung ketahanan pangan dan energi

Selain itu, Jokowi juga menekankan ASEAN dan GCC harus mengamankan rantai pasok pangan melalui kerja sama sektor pertanian dan pangan, serta penyelarasan standar komoditas pertanian.

“Ketahanan sektor energi kita perkuat melalui kemitraan yang saling menguntungkan dan berkelanjutan melalui transisi energi,” ujar Jokowi.

2. Perlindungan pekerja migran ASEAN di Timur Tengah

Jokowi juga menyinggung soal perlindungan pekerja migran, di mana banyak pekerja migran negara-negara ASEAN bekerja di Timur Tengah.

“Di tengah situasi global yang semakin tak menentu saya menggaris bawahi komitmen ASEAN untuk meningkatakn perlindungan bagi pekerja migran, saya mohon dukungan negara GCC,” ungkap dia.

Baca Juga: Genjot Ekspor, Jokowi Tak Mau Bergantung ke Negara yang Itu-itu Saja

3. Apresiasi komitmen GCC terhadap ASEAN

Jokowi: Ekonomi ASEAN dan Negara GCC Harus DimaksimalkanMenteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan Al Saud, Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi dan Sekjen ASEAN Kao Kim Hourn. (IDN Times/Sonya Michaella)

Selaku ketua ASEAN 2023, Jokowi juga menyampaikan apresiasi kepada negara-negara Arab yang berkomitmen bekerja sama dengan ASEAN. KTT ASEAN - GCC ini juga perdana digelar.

“Indonesia mengapresiasi aksesi seluruh GCC terhadap persahabatan dan kerja sama ASEAN. Sebagai komitmen negara Teluk untuk mendukung perdamaian negara Asia Tenggara dan kawasan Indo Pasifik,” tegas Jokowi.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya