Jokowi Dukung Penuh Menlu Retno Upaya Damaikan Gaza 

Retno Marsudi salah satu menlu yang ditugasi OKI

Jakarta, IDN Times - Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, Retno Marsudi, menjadi salah satu menlu yang memperoleh mandat dari Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) untuk mengupayakan perdamaian di Palestina, khususnya kondisi di Gaza.

Selain Menlu Retno, ada pula Menlu Saudi, Yordania, Mesir, Qatar, Turki, dan Nigeria. Mereka ditugasi memulai tindakan atas nama OKI dan Liga Arab untuk menghentikan perang di Gaza.

"Saya juga memberikan dukungan penuh untuk Menteri Luar Negeri Indonesia yang terpilih sebagai salah satu menlu yang diberikan kepercayaan oleh para pemimpin OKI untuk mengupayakan perdamaian di Palestina," kata Jokowi, dalam keterangannya, Senin (13/11/2023).

1. Ada standar ganda menanggapi masalah Palestina

Jokowi Dukung Penuh Menlu Retno Upaya Damaikan Gaza ilustrasi Palestina vs Israel (IDN Times/Aditya Pratama)

Sementara itu, Retno menjelaskan bahwa dari 31 keputusan yang disepakati di KTT Luar Biasa OKI ini, satu resolusi juga mengecam adanya standar ganda dalam menerapkan hukum internasional di isu Palestina dan Israel.

“OKI juga mengecam agresi Israel ke Gaza, mendesak DK PBB untuk bertindak menghasilkan resolusi sehingga kekejaman dapat segera diakhiri, bantuan dapat masuk, dan pentingnya mematuhi hukum internasional,” ucap Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: Keluarga WNI di Gaza Selatan Berhasil Dievakuasi 

2. Israel diminta tanggung jawab

Jokowi Dukung Penuh Menlu Retno Upaya Damaikan Gaza Gedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Selain itu, DK PBB juga didesak untuk mengeluarkan resolusi mengecam perusakan rumah sakit di Gaza oleh Israel.

“Beberapa fora akan digunakan untuk menuntut pertanggungjawaban Israel antara lain melalui ICC, ICJ dan Dewan HAM,” ungkap Retno.

“Resolusi juga mengecam displacement 1,5 juta warga Palestina dari utara ke selatan Gaza yang menurut Konvensi Jenewa ke-4 merupakan kejahatan perang,” lanjut dia.

3. Two State Solution harus diwujudkan

Jokowi Dukung Penuh Menlu Retno Upaya Damaikan Gaza Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi memberi penjelasan soal evakuasi WNI dari Gaza dan pengiriman bantuan kemanusiaan ke Gaza. (IDN Times/Sonya Michaella)

OKI juga mengeluarkan resolusi mendorong dimulainya proses perdamaian yang sungguh-sungguh dan genuine, untuk mencapai perdamaian berdasarkan two-state solution.

“Resolusi juga menolak usulan untuk memisahkan Gaza dari West Bank, termasuk Jerusalem Timur, dan menegaskan bahwa Gaza dan West Bank adalah satu kesatuan,” kata Retno.

Baca Juga: Menlu Retno: Hasil KTT OKI Harus Tajam, Kuat, Konkret dan Berdampak

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya