Jadwal Paus Fransiskus Hari Ini, ke Istiqlal dan Misa di GBK

Paus juga akan ke Kantor KWI

Intinya Sih...

  • Paus Fransiskus melakukan kunjungan ke Masjid Istiqlal, Kantor KWI, dan Misa Agung di GBK.
  • Tiket gelang untuk Misa Agung Paus Fransiskus gratis dan didistribusikan oleh KWI.
  • SUGBK akan disterilkan selama pelaksanaan Misa Agung dengan pengamanan dari TNI dan kepolisian serta pengecekan bagi pengunjung.

Jakarta, IDN Times - Agenda hari ke-3 Pemimpin Tertinggi Gereja Katolik sekaligus Kepala Negara Vatikan, Paus Fransiskus bakal dimulai dengan kunjungannya ke Masjid Istiqlal, sekitar pukul 09.00 WIB.

Setelah itu, Paus bakal bergerak ke Kantor Waligereja Indonesia (KWI) di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan para penerima manfaat organisasi amal.

Sore harinya, Paus akan memimpin Misa Agung di Gelora Bung Karno (GBK), yang dimulai sekitar pukul 16.15 WIB, diawali dengan Paus menyapa umat dengan popemobile, yaitu Maung MV3.

1. Tiket Misa Agung di GBK tidak dijual

Jadwal Paus Fransiskus Hari Ini, ke Istiqlal dan Misa di GBKilustrasi Stadion Gelora Bung Karno (unsplash,com/Dimas Rachmatsyah)

Juru bicara Panitia Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia, Romo Thomas Ulun Ismoyo mengatakan bahwa tiket gelang untuk mengikuti Misa Agung di Stadion Gelora Bung Karo (GBK), gratis.

Sebab, ada sejumlah oknum yang diketahui menjual gelang tiket masuk GBK untuk mengikuti Misa Agung Paus Fransiskus, besok sore.

“Saya juga sudah mendapat info tersebut. Saya tegaskan, tiket itu gratis, tidak dipungut biaya apa pun. Kalau ada yang jual, mohon hati-hati, jangan-jangan palsu,” kata Romo Ulun, ditemui awak media di Gereja Katedral, Jakarta, kemarin.

“Tiketnya itu dibagikan dari KWI ke keuskupan-keuskupan dan organisasi-organisasi terkait dan sudah didistribusikan,” ucap dia.

Romo Ulun menegaskan lagi jika ada menjual tiket gelang Misa Agung Paus Fransiskus dengan harga yang sangat mahal, sudah dipastikan bukan dari panitia.

Baca Juga: Menanti Berkat Paus Fransiskus di Jalanan Jakarta

2. GBK steril selama Misa Agung Paus Fransiskus

Jadwal Paus Fransiskus Hari Ini, ke Istiqlal dan Misa di GBKPanglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau kesiapan pelaksanaan misa akbar di GBK. (IDN Times/Amir Faisol)

Sementara itu, Panglima TNI, Jenderal Agus Subiyanto menegaskan SUGBK akan steril selama pelaksanaan Misa Akbar Paus Fransiskus, besok.

Agus mengatakan, SUGBK sebagai ring 1 akan disterilkan dari kegiatan masyarakat di luar kegiatan misa. Sementara, masyarakat masih bisa beraktivitas seperti biasanya di sekitar GBK setelah ring 3.

"Kalau di tempat ini steril, seperti yang saya sampaikan, kalau di luarnya itu ya seperti biasa," ujar Agus, di GBK.

"Kalau di luarnya seperti biasa aktivitas masyarakat, ya agak-agak steril (di GBK)," lanjut dia.

 

Baca Juga: Kemenag Jelaskan soal Running Text Azan Magrib Saat Misa Agung Paus

3. Ada tiga ring pengamanan

Jadwal Paus Fransiskus Hari Ini, ke Istiqlal dan Misa di GBKPaus Fransiskus di Gereja Katedral Jakarta. (dok. Youtube Komsos KWI Indonesia Papal Visit Committee)

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) itu menegaskan, pengamanan misa akbar akan terdiri dari ring 1 yang berasal dari unsur Paspampres, ring 2 dari TNI dan ring 3 dari unsur kepolisian.

"Itu jumlahnya 9000, terbagi untuk beberapa tempat yang akan didatangi oleh Paus. untuk aktivitas masyarakat, agak steril kalau di tempat ini steril. kalau di luarnya seperti biasa," kata Agus.

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menambahkan, seluruh pengunjung yang akan datang ke Stadion Utama GBK dan Stadion Madya akan dilakukan pengecekan.

"Jadi itu juga yang tadi kita pastikan bagaimana memastikan bahwa semua yang masuk di area GBK dan Stadion Madya ini semuanya dalam kondisi sudah dilaksanakan pengecekan," kata dia.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya