Israel Tembaki Ambulans di Jalur Gaza

Tiga orang terluka akibat serangan Israel ini

Jakarta, IDN Times - Pasukan militer Israel dilaporkan menembaki dua ambulans di Jalur Gaza sejak Minggu (3/12/2023) malam. Sebanyak tiga orang terluka akibat insiden itu.

Melansir Al Jazeera, Selasa (5/12/2023), insiden tersebut terjadi di daerah Faluja di Gaza, berdasarkan keterangan dari Bulan Sabit Merah Palestina.

Sekitar dua tenaga medis Bulan Sabit Merah Palestina dan satu orang lainnya terluka akibat serangan itu.

Di hari yang sama, militer Israel juga menyerang sebuah rumah milik keluarga Yordania di Jalur Gaza. Seorang warga Palestina tewas, sedangkan seorang lainnya mengalami luka parah akibat serangan Israel.

Baca Juga: Israel Minta WHO Kosongkan Gudang Medis di Gaza Selatan

1. Jumlah korban tewas di Gaza makin bertambah

Israel Tembaki Ambulans di Jalur GazaGedung-gedung yang hancur akibat serangan Pendudukan Israel terhadap rumah-rumah warga sipil Palestina di Gaza di utara Kamp Jabalia, utara wilayah Al-Sikka, Rabu (11/11/2023). (dok. Yayasan Persahabatan dan Studi Peradaban (YPSP))

Israel melanjutkan serangan ke Jalur Gaza usai tidak memperpanjang gencatan senjata. Akibatnya, jumlah korban tewas di Gaza terus bertambah.

Setidaknya, sejak 7 Oktober 2023, 15.899 orang telah tewas di Gaza. Data ini dirilis oleh Kementerian Kesehatan Gaza.

"Jumlah korban luka juga bertambah menjadi lebih dari 42 ribu orang, dan 70 persen dari jumlah itu adalah anak-anak dan perempuan," kata Ashraf al-Qedra, juru bicara kementerian tersebut. 

Baca Juga: Houthi Yaman Serang Kapal Israel dan Kapal Perang AS di Laut Merah

2. Israel sengaja menargetkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Gaza

Israel Tembaki Ambulans di Jalur GazaRS Indonesia di Jalur Gaza. (Dok. Tim MER-C Indonesia)

Al-Qedra menuding Israel meningkatkan targetnya ke rumah sakit dan fasilitas kesehatan di Gaza.

"Israel telah menghancurkan 56 institusi kesehatan, menangkap 35 petugas medis, dan membuat sistem kesehatan di Jalur Gaza lumpuh total," ucap dia.

Al-Qedra juga mendesak Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk melindungi rumah sakit maupun tim kesehatan dan kemanusiaan, serta menyediakan jalur yang aman untuk masuknya pasokan medis dan bahan bakar serta evakuasi para korban luka di Gaza.

Baca Juga: Iran Peringatkan Israel soal Bahaya Meluasnya Konflik Timur Tengah

3. WHO diminta Israel kosongkan gudang medis di Gaza selatan

Israel Tembaki Ambulans di Jalur GazaDirektur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus. Foto diambil dari media sosial. twitter.com/DrTedros

Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, WHO diperintahkan oleh Israel agar memindahkan pasokan medis dari dua gudang di Gaza selatan dalam waktu 24 jam.

Pasalnya Israel bakal segera menyerang wilayah tersebut dengan operasi darat, yang bakal berdampak ke dua gudang WHO.

“Kami mengimbau Israel untuk mencabut perintah tersebut dan mengambil segala tindakan yang mungkin untuk melindungi warga sipil dan infrastruktur sipil, termasuk rumah sakit dan fasilitas kemanusiaan,” kata Tedros.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya