Israel Siapkan Serangan ke Perbatasan Lebanon

Israel membalas serangan dari Hizbullah

Jakarta, IDN Times - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan peringatan keras kepada kelompok Hizbullah dan menegaskan kesiapan Israel untuk melancarkan aksi besar di perbatasan dengan Lebanon.

Peringatan Netanyahu disampaikan saat berkunjung ke permukiman di bagian utara kota Kiryat Shmona di utara Israel yang menghadapi serangan Hizbullah belakangan ini.

"Kami siap untuk (melancarkan) tindakan yang sangat kuat di utara (menghadapi Lebanon)," ucap Netanyahu dalam pernyataannya, dikutip dari ANTARA, Kamis (6/6/2024).

1. Hizbullah luncurkan tembakan ke Israel utara

Sejak Minggu kemarin, permukiman dan kota-kota di Israel utara mengalami kebakaran akibat serangan roket Hizbullah dan pesawat nirawak bermuatan bahan peledak dari Lebanon. Drone Hizbullah ini jatuh di pesisir Nahariya, Israel.

Ketegangan berkobar di sepanjang perbatasan antara Lebanon dan Israel di tengah baku tembak antara pasukan Israel dan Hizbullah yang menjadi bentrokan paling mematikan sejak kedua pihak terlibat perang skala penuh pada 2006.

Baca Juga: Kedubes AS di Lebanon Ditembaki, Pelaku Ditangkap

2. Israel disebut gagal cegat drone Hizbullah

Nahariya berjarak sekitar tujuh kilometer dari perbatasan Lebanon. Militer Israel mengatakan mereka gagal mencegat drone tersebut dengan sistem pertahanan mereka, Iron Dome. Belum ada klaim mengenai peluncuran drone tersebut oleh Hizbullah.

Rekaman amatir drone yang jatuh dari langit dan mendarat di area yang dikelilingi pepohonan dipublikasikan oleh situs berita Ynet dan Channel 12 TV. Laut Mediterania terlihat dalam latar belakang video tersebut.

3. Hizbullah juga luncurkan serangan ke Golan

Hizbullah juga melancarkan serangan drone ke arah Dataran Tinggi Golan Suriah yang dikuasai Israel. Dalam sebuah pernyataan, serangan itu menargetkan markas besar militer Israel di Yardun.

Tidak ada informasi terkait korban jiwa di pihak Israel. Militer Israel mengakui serangan itu dan dilaporkan membalas dengan mengebom beberapa kota di Lebanon selatan. Di Lebanon Selatan, dua warga sipil tewas dalam serangan Israel di kota Houla.

Kantor Berita resmi Lebanon juga melaporkan bahwa tentara pendudukan Israel melakukan serangan udara di pinggiran Hanawiya, Ramiya, dan Baraashit. Serangan itu menyebabkan kerusakan signifikan pada properti, infrastruktur, dan rumah-rumah tak berpenghuni.

Baca Juga: Israel: Perang di Gaza Diprediksi Bakal Berlangsung Dua Tahun Lagi

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya