Israel Mulai Serbu Lagi Kota-kota di Tepi Barat 

Tepi Barat sekarang jadi sasaran Israel

Jakarta, IDN Times - Pasukan Israel menyerbu sejumlah kota di Tepi Barat, yang diduduki, pada Minggu malam.

Pasukan Israel memasuki kota Qaryut, Salim, Usarin, Beita, dan Nablus. Tentara Israel melepaskan bom suara dan gas air mata selama penggerebekan di kota-kota tersebut, tetapi tidak ada laporan mengenai warga yang cedera, dikutip dari ANTARA, Senin (16/9/2024).

1. Baku hantam antara pasukan Israel dan warga Palestina

Pertempuran juga dilaporkan terjadi antara pasukan Israel dan warga Palestina yang bersenjata di kota Beit Liqya dan Burqa di Tepi Barat, kata media Palestina itu.

Saksi mata melaporkan bahwa satu keluarga Palestina diperlakukan kasar oleh tentara Israel di Kota Abu al-Ajaj di Tepi Barat bagian selatan.

Baca Juga: Israel Rekrut Pencari Suaka Asal Afrika untuk Berperang di Gaza

2. Jumlah korban tewas di Gaza hampir 42 ribu orang

Sementara itu, hampir satu tahun serangan Israel ke Gaza, jumlah korban tewas kini mencapai 41.206 orang dan 95.337 orang terluka, per 15 September 2024.

“Pasukan Isarel menewaskan 24 orang dan melukai 57 orang dalam 24 jam terakhir,” sebut Kementerian Kesehatan Gaza.

“Banyak orang masih terjebak di bawah reruntuhan dan di jalan karena tim penyelamat tidak bisa menjangkau mereka,” sambung pernyataan itu.

3. Palestina ajukan draf resolusi ke PBB untuk akhiri penjajahan Israel

Israel Mulai Serbu Lagi Kota-kota di Tepi Barat Ruang Sidang Majelis Umum PBB, salah satu dari enam ruang sidang utama. (IDN Times/Uni Lubis)

Misi tetap Palestina di PBB akan mengajukan rancangan resolusi kepada Majelis Umum PBB pekan depan, guna menuntut Israel mengakhiri keberadaannya di wilayah pendudukan Palestina dalam waktu 12 bulan.

Rancangan resolusi tersebut menegaskan bahwa pendudukan Israel atas wilayah Palestina adalah ilegal di bawah hukum internasional, termasuk keputusan dari Mahkamah Internasional (ICJ) dan Dewan Keamanan PBB (UNSC).

Rancangan resolusi itu juga mencatat bahwa permukiman Israel melanggar hukum internasional, dan menegaskan bahwa rakyat Palestina memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri sesuai dengan Piagam PBB.

Baca Juga: Israel Bunuh Anak-anak di Gaza dan Tepi Barat secara Sengaja

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya