Israel-Hizbullah Panas, 4 Orang Tewas di Perbatasan Lebanon

Hizbullah juga luncurkan roket ke Israel utara

Intinya Sih...

  • Israel dan Hizbullah saling serang dengan ratusan roket dan drone di wilayah utara Israel dan Dataran Tinggi Golan.
  • Hizbullah mengklaim menargetkan markas militer Israel sebagai balasan atas serangan sebelumnya yang mengenai depot amunisi mereka di Bekaa.
  • Serangan Israel ke Lebanon menyebabkan empat orang tewas dan dua terluka, meningkatkan tensi perbatasan Lebanon-Israel.

Jakarta, IDN Times - Israel dan Hizbullah masih memanas. Militer Israel mengonfirmasi sekitar 40 roket dan beberapa drone diluncurkan dari Lebanon ke arah Israel utara dan Dataran Tinggi Golan yang diduduki.

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu (21/8/2024), sirine serangan udara sempat berbunyi di Galilea atas. Setelah itu, Israel mengklaim sebagian besar proyektil berhasil dicegat dan tidak ada korban. Beberapa drone dilaporkan mengenai Dataran Tinggi Golan, namun tidak berbahaya.

Baca Juga: Hizbullah Pamer Terowongan Rudal Bawah Tanah  

1. Hizbullah menargetkan markas militer Israel

Sementara itu, Hizbullah mengaku menargetkan markas militer di kedua wilayah tersebut dengan melepaskan 10 tembakan ke arah Israel.

Dari sejumlah serangan ini, Hizbullah menyebutkan ada lebih dari 100 roket ditembakkan ke Israel. Ini menjadi aksi balasan Hizbullah balasan atas serangan Israel yang mengenai depot amunisi di Bekaa.

Baca Juga: Drone Hizbullah Menyusup ke Rumah Benjamin Netanyahu

2. Sebanyak 4 orang tewas di Lebanon

Akibat serangan Israel ke Lebanon, empat orang dilaporkan tewas, tepatnya di Desa Dhayra. Selain itu, dua orang juga terluka.

Namun, tidak disebutkan apakah korban ini adalah warga sipil atau pejuang Hizbullah.

3. Pertempuran terjadi di perbatasan Lebanon-Israel

Perang antara Israel dan Hizbullah terjadi di perbatasan Lebanon-Israel. Kendati demikian, dikhawatirkan tensi ini akan meluas ke wilayah lainnya.

Apalagi, Israel sempat membunuh seorang komandan tinggi Hizbullah, Fuad Shukr, sesaat sebelum tewasnya pemimpin politik Hamas, Ismail Haniyeh di Iran.

Baca Juga: HRW: Serangan Israel ke Yaman Kemungkinan Kejahatan Perang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya