Israel Desak Warga Palestina Pindah dari Gaza Selatan ke Tengah

Pasukan Israel sudah patroli di jalan utama menuju pantai

Intinya Sih...

  • Israel sebar selebaran mendesak warga Palestina pindah ke Gaza tengah
  • Rudal Israel hantam pengungsi Gaza selatan saat menonton sepak bola, 29 tewas
  • Israel klaim serangan menyasar Hamas

Jakarta, IDN Times - Israel mulai menyebarkan selebaran yang memuat peta rute aman untuk evakuasi seluruh kota Gaza, bukan hanya distrik tertentu, pada Rabu kemarin. 

Selebaran yang disebar Israel ini memuat perintah untuk mendesak warga sipil pindah dari selatan ke Gaza tengah.

“Pasukan Israel sudah berpatroli di jalan utama menuju pantai. Mereka berjaga-jaga di sejumlah rumah dan tank-tank besar ditempatkan di lokasi UNRWA,” ucap seorang warga, dikutip dari Channel News Asia, Kamis (11/7/2024). 

Baca Juga: 25 Orang Tewas saat Israel Serang Bangunan Sekolah di Gaza

1. Israel kembali serang kamp pengungsi di Gaza

Sebuah rudal Israel dilaporkan kembali menghantam kawasan pengungsi di Gaza selatan, tepat ketika para pengungsi Palestina sedang berkumpul untuk menonton pertandingan sepak bola di sebuah sekolah.

Setidaknya 29 orang tewas akibat insiden ini, yang mayoritas adalah perempuan dan anak-anak. Rudal Israel ini jatuh tepatnya di Abassan Timur, Khan Younis.

“Mereka sedang menonton pertandingan sepak bola. Ada yang tewas dan terluka. Orang-orang terlempar dan bagian tubuh langsung berserakan,” kata seorang saksi di lokasi.

2. Israel klaim menargetkan Hamas

Israel Desak Warga Palestina Pindah dari Gaza Selatan ke TengahKerusakan besar terlihat di distrik populer Al-Rimal di Gaza. (972mag.com)

Sementara itu, Israel mengaku sedang memeriksa laporan adanya warga sipil terkena serangan mereka, yang diklaim untuk menyasar Hamas.

Militer Israel juga tidak segera menanggapi laporan bahwa rudal mereka telah menyasar warga sipil yang tengah menonton pertandingan bola.

3. Pertempuran baru membahayakan negosiasi gencatan senjata

Serangan Israel diketahui terjadi di Kota Gaza dan pusat kota Deir al-Balah, serta di sekitar kamp pengungsi. Israel menyebarkan selebaran yang mengimbau warga mengungsi ke Gaza selatan.

Di kamp Nuseirat dekat Deir al-Balah, serangan udara Israel mengenai gedung bertingkat yang menewaskan 17 orang, termasuk 14 anak-anak. Pekerja darurat mencari jenazah dan korban yang selamat di bawah reruntuhan.

"Mereka mengungsi pada malam hari setelah sekolah kamp Al-Nuseirat diserang. Mereka mengatakan bahwa mereka akan tidur di rumah, mengkhawatirkan anak-anak, dan terjadi pembantaian di dalam rumah. Mereka tidak aman di sekolah maupun di rumah," kata Yasser Abu Hamada, warga setempat.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya